(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Training of Trainer : Pupuk Subsidi dan Peningkatan Produksi Padi dan Jagung Nasional

Admin distan | 20 Februari 2024 | 764 kali

Selasa, 20 Februari 2024, Penyuluh Pertanian  Ahli Muda (Putu Suwardiyasa, SP., M.I.L dan Luh Suryatini, SP) serta Ahli Pertama – Penyuluh Pertanian Dewa Oka Suarnatha di Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng mengikuti pelatihan Training of Trainer (ToT) : Pupuk Subsidi dan Peningkatan Produksi Padi dan Jagung Nasional  dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) cq Pusat Penyuluhan Pertanian melalui via zoom meeting.

Kegiatan ToT ini dalam rangka peningkatan kapasitas Penyuluh Pertanian yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 20 sampai dengan 23 Februari 2024. ToT dibuka langsung oleh Kepala BPPSDM Prof. Dr. Ir Dedy Nursyamsi, M. Agr yang wajib diikuti oleh Penyuluh Pertanian, Widyaiswara, Guru, serta Dosen. 

Topik yang disampaikan adalah bagaimana cara penggunanaan dan pengolalaan pupuk agar dapat meningkatkan produksi padi dan jagung. Caranya dengan penerapan pupuk organik dan penanggulangan pestisida secara hayati dan pestisida nabati. Demikian juga dengan koordinasinya Kementerian Pertanian dengan Kementerian ESDM agar dimudahkan untuk mendapatkan BBM subsidi bagi petani untuk mengoperasionalkan alat mesin pertanian agar mempercepat peningkatan produksi tanaman padi dan jagung. Hal yang utama adalah kepala BPPSDM menyampaikan pada tahun ini Kementerian Pertanian akan meningkatkan anggaran subsidi pupuk lebih besar dari tahun sebelumnya.


(Bidang Penyuluhan)