(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Monev kelompok hibah APBD tk I Tahun Anggaran 2023 Provinsi Bali

Admin distan | 23 April 2024 | 18 kali

Selasa / 23 April 2024 

Pembinaan kelompok merupakan salah satu usaha yang dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi kelompok, khususnya kelompok tani/ternak yang berada di Kabupaten Buleleng. Dalam bidang pertanian khusnya di ternak merupakan suatu proses mengombinasikan beberapa faktor seperti tenaga, lahan, modal guna tercapainya hasil yang diperoleh secara menguntungkan. Kesuksesan dalam  usaha peternakan yang dikembangkan kelompok juga bergantung pada beberapa poin seperti  bibit yang dikembangkan, pakan yang diberikan hingga manajemen/pengelolaan usaha ternak tersebut.

Pembinaan kelompok ini dilaksankan di kecamatan Buleleng, dengan beberapa sasaran kelompok calon penerima Hibah di desa: 

1. Desa Pengletan:

a) KT. Jati Asih

b) KT. Karya Tani

c) KT Bina Dewata

2.Desa Sari Mekar:

a) KT. Babi Rahayu

3. Desa Alas Angker:

a) KT. Sapi Tulus Nadi

b) KT. Sapi Pemuda Perkasa

4. Desa Nagasepaha:

a) KT. Karya Murni

b) KT. Babi Merta Mesari


Pembinaan yang dilaksanakan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, ditangani langsung oleh Tim Bidang Produksi yang dihadiri oleh kelompok calon penerima hibah. Pembinaan yang diberikan kepada kelompok guna memberikan edukasi terkait pemeliharaan ternak yang tepat, sistem pemberian dan pengolahan pakan, sanitasi dan kebersihan peternak dan kandang pemeliharaan serta mengenai kesehatan hewan/ternak kelompok. Tim teknis juga menghimbau terkait pembuatan laporan akhir/pertanggugjawaban kegiatan hibah kepada kelompok agar dapat dikerjakan sesuai alur dan dapat dikumpul kepada petugas dengan tepat waktu. Pada akhir sesi pembinaan dilakukan pula sesi tanya jawab sehingga permasalahan yang ditemui dapat diberikan solusi yang sesuai.


(Bidang PKH)