(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pembinaan Pengolahan Hasil Pertanian Komoditas Tanaman Pangan yang berlokasi di KWT Candra Wangi, Desa Unggahan, Kecamatan Seririt.

Admin distan | 27 Juni 2022 | 135 kali

Senin, 27 Juni 2022 telah dilaksanakan Pembinaan Pengolahan Hasil Pertanian Komoditas Tanaman Pangan yang berlokasi di KWT Candra Wangi, Desa Unggahan, Kecamatan Seririt. Hadir pada acara tersebut Kepala Bidang Tanaman Pangan, diikuti oleh Pejabat Fungsional di Bidang Tanaman Pangan yaitu Pengawas Mutu Hasil Pertanian Substansi Pengolahan dan Pemasaran Tanaman Pangan, Koordinator Petugas Pertanian Kecamatan Seririt, PPL Wilbin Desa Unggahan, dan pengurus serta seluruh anggota KWT Candra Wangi. Kegiatan pembinaan tetap dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan. 

Hasil produksi pertanian termasuk produksi tanaman pangan cepat mengalami kerusakan dan bersifat musiman, maka perlu upaya untuk meningkatkan umur simpan sekaligus meningkatkan nilai ekonomis dan daya saing produk pertanian dengan dilakukan pengolahan. Pembinaan pengolahan hasil pertanian untuk komoditas tanaman pangan lebih menekankan pada upaya untuk meningkatkan nilai tambah.

Dalam kesempatan ini disampaikan juga bagaimana proses penanganan pascapanen pada komoditas tanaman pangan sehingga dapat mempertahankan kualitas produk sebelum menjadi olahan dan sampai ke konsumen. Dibutuhkan keterampilan anggota KWT dan pasar dalam menunjang keberhasilan berusaha tani.  Anggota kelompok sangat antusias untuk membuat produk olahan hasil pertanian komoditas Tanaman Pangan.

Pembinaan wanita tani yang ada di pedesaan melalui suatu wadah kelompok yang disebut Kelompok Wanita Tani (KWT) perlu ditingkatkan sehingga potensinya yang besar dapat dimanfaatkan dengan memadukan sumber daya pertanian yang ada, agar menghasilkan produk lokal yang bernilai tinggi, strategis dan dapat meningkatkan produktivitas komoditas unggulan daerah, mendukung kemandirian KWT, meningkatkan pendapatan petani, terutama ibu-ibu yang menjadi anggota KWT agar kehidupan masyarakatnya bisa menjadi lebih sejahtera.