(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Prasarana dan Sarana Pascapanen Mendukung Hortikultura Di KT. Segening Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada

Admin distan | 02 Mei 2024 | 19 kali

Singaraja, 2 Mei 2024

 

Perlakuan hasil produksi pertanian berupa penanganan pascapanen menjadi salah satu mata rantai pencapain standar mutu produk pertanian khususnya komoditas hortikultura. Produk Hortikultura yang bermutu dan berdaya saing harus dimulai dari penerapan budidaya yang baik, cara panen dan penanganan pascapanen. Untuk memastikan fasilitas sarana pengolahan tersebut telah digunakan sesuai peruntukkannya, perlu diksanaan pemantauan dan evaluasi.

 

Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng melalui Bidang Hortikultura melaksanakan pemantauan dan evaluasi fasilitasi bantuan prasarana dan sarana pascapanen mendukung hortikultura di KT. Segening, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, yang telah diterima pada Tahun Anggaran 2023 dari sumber dana APBN. Pemantauan dan evaluasi  terhadap fasilitasi bantuan prasarana dan sarana pascapanen yang talah diberikan, bertujuan untuk mengetahui kondisi, pemanfaatan dan tingkat efektifitas dari bantuan yang telah diterima, serta sejauh mana prasarana dan sarana tersebut mampu meningkatkan nilai tambah produk, yang dikelola oleh kelompok penerima tersebut.

 

Pemantauan dan evaluasi dilharapkan dapat memberikan informasi sebagai upaya untuk memperbaiki dan menyempurnakan bantuan pemerintah pada kegiatan pengolahan dan pemasaran hasil hortikultura, agar kedepannya menjadi lebih efektif, efisien dan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kegiatan pemantauan dan evaluasi yang dilakukan juga untuk dapat menyimpulkan secara utuh yang menjadi tolak ukur berhasil atau tidaknya suatu kegiatan yang telah dilakukan oleh kelompok penerima bantuan.

 

 

(Bidang Hortikultura )