(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Zoom Webinar tentang Festival Ekonomi keuangan Digital Indonesia ( FEKDI ) tahun 2021

Admin distan | 05 April 2021 | 1595 kali

Pertemuan / zoom webinar tentang Festival Ekonomi keuangan Digital Indonesia ( FEKDI) tahun 2021. Diikuti oleh Menteri koordinator bidang perekonomian, Menteri keuangan,Menteri Kominfo, Menteri PAN - RB, kementerian Dalam Negeri, Gubernur Bank Indonesia,Komisioner OJK, BPK RI, Komidi XI DPRRI, serta perwakilan daerah dan untuk Dinas Pertanian diwakili oleh Sekretaris Dinas.

Senin, (5 april 202)

Pada kesempatan ini disampaikan dukungan oleh Kementerian terkait yaitu perlunya sinergitas dan kolaborasi untuk meningkatkan hasil guna yang lebih baik,tata kelola dan transparansi pengelolaan keuangan.

Untuk hal tersebut perlu dukungan infrastruktur digital yang memadai sampai di tingkat desa dan kelurahan, untukmemperkuat srktor ekonomi yakni platform digital meliputi pembinaan dan pemasaran UMKM ,fasilitasi Bumdes, asuransi penjaminan seperti AUTP, AUTS, askrindo, jamkrindo, serta perlu adanya pusat data yang memadai.

Dukungan tata kelola dan regulasi,pemerataan informasi disisi hulu,integrasi daya digital di hilir, perluasan start up, dan pembayaran digital.

Adapun penekanan FEKDI tahun 2021 yaitu

* Strategi Nasional percepatan ekonomi keuangan dan akselerasi  ekonomi digital seperti.penyediaan sumberdaya manusia talenta digital,infrastuktur digital yang memadai,penyederhanaan birokrasi

* Sinergi,kordinasi pusat dan daerah dalam pengelolaan keuangan

* Dukungan kebijakan fiskal

* Penyusunan roadmap masyarakat dan lembaga keuangan mikro

* Sistim pembayaran secara digital

Untuk daerah agar dibentuk Satgas TP2DD( tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah)