(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

TATAPMUKA / ANJANGSANA KELOMPOK TANI SUBAK MUMBUL SARI DESA GALUNGAN

Admin distan | 05 Agustus 2022 | 84 kali

          Tatap muka/anjangsana Kelompok Tani di Subak Mumbul Sari Desa Galungan dilaksanakan oleh PPL Wilbin Galungan pada Hari Jumat, 5 Agustus 2022 di Balai Subak Mumbul Sari, BD Bingin, Desa Galungan, Kecamatan Sawan.


          Dalam tatapmuka  yang dihadiri oleh PPL Wilbin Galungan, POPT Kecamatan Sawan, Pengurus Subak dan anggota Subak Mumbul Sari serta mahasiswa KKN Unud ini   membahas beberapa hal antara lain pengolahan lahan sebagai persiapan tanam padi, pemupukan berimbang dan waspada OPT pada tanaman padi. 


Pada kesempatan ini, POPT Kecamatan Sawan, I Made Artayasa, SP menyampaikan pentingnya melakukan pengamatan secara rutin agar bisa dilakukan pengendalian lebih dini jika ada serangan hama dan penyakit pada tanaman padi.


Lebih lanjut, PPL Wilbin Galungan, I Kadek Indra Guna, SP menekankan penanaman padi secara serentak dan pergiliran varietas untuk meminimalisir terjadinya serangan hama dan penyakit. Kegiatan tatapmuka ini juga diisi dengan praktek pengamatan langsung di lahan sawah yang telah ditanami padi berumur sekitar 45 - 50 HST.


Sebelum acara ditutup, PPL Wilbin Galungan juga menyampaikan terkait gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta menyerahkan desinfektan untuk dibagikan kepada anggota Subak Mumbul Sari agar bisa menyemprot kandang sapinya dalam upaya pencegahan penyebaran PMK tersebut.