(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pelayanan Kesehatan Hewan di Desa Mayong Kecamatan seririt

Admin distan | 12 Mei 2022 | 10 kali

Kamis, 12 Mei 2022 Puskeswan BPP Seririt melaksanakan Pelayanan Kesehatan Hewan di Desa Mayong Kecamatan seririt. Pelayanan kali ini dilakukan oleh Dokter Hewan Kecamatan seririt dan staf serta di dampingi PPL Wilayah Mayong. Pelayanan dilakukan di kelompok ternak Mayong Lestari dan Santal Lestari

Kegiatan pelayanan kesehatan ini berhasil dilakukan pada 27 ekor sapi. Tujuan kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan dampak yang positif terhadap kualitas sapi Bali dan mendukung program SIKOMANDAN. 

Pada kegiatan ini, Dokeswan kec seririt juga menyosialisasikan terkait PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) Dimana gejala penyakit ini ditandai dengan demam tinggi (39-41°C), air liur berlebihan dan berbusa, terdapat luka lepuh dilidah dan mukosa rongga mulut, pincang pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku, tidak mau makan, sulit berdiri dan dibarengi dengan nafas cepat. Hewan yang rentan terjangkit adalah Sapi, domba, kambing, babi dan kerbau.

Guna pencegahan PMK Dokeswan menyarankan penggunaan desinfektan pada kandang ternak, mengurangi kontak antar hewan peka virus PMK, mencegah infeksi sekunder oleh mikroba lain dan meningkatkan resistensi/kekebalan hewan peka.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya penyakit pada ternak sapi serta dapat meningkatan kesejahteraan peternak.