(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PPL WILBIN SUDAJI HADIRI SANGKEPAN SUBAK GETIH DESA SUDAJI

Admin distan | 08 Februari 2022 | 175 kali

          Sangkep atau rapat rutin Subak Getih dilaksanakan setiap bulannya bertepatan pada Rahina Anggarkasih.  Sangkepan kali ini tepat dilaksanakan pada Hari Selasa, 8 Februari 2022 bertempat di Balai Subak Getih di BD Bantas Desa Sudaji Kecamatan Sawan.

          Dalam Sangkep kali ini dihadiri oleh PPL Wilbin Sudaji, Kelian Subak,  Pengurus Subak dan anggota Subak Getih membahas pengaturan air di areal Subak Getih, pemungutan iuran anggota dan pembahasan terkait pemupukan berimbang padi sawah.

          Pembahasan pemupukan berimbang ini sangat penting karena pemupukan berimbang pada tanaman padi sawah karena pupuk merupakan salah satu faktor produksi selain lahan, tenaga kerja dan modal. Pemupukan berimbang memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan hasil tanaman.  Tata cara pemupukan yang baik dan benar juga perlu dilakukan, agar proses pemupukan menjadi lebih tepat. Cara pemupukan yang tepat memperhatikan 5 Tepat, yaitu Tepat jenis, Tepat dosis, Tepat waktu, Tepat bentuk/formula dan Tepat cara.

          Dalam pemupukan, untuk memantau kecukupan pupuk Urea (Nitrogen) pada tanaman padi bisa menggunakan Bagan Warna Daun (BWD). Pada alat ini terdapat empat kotak skala warna, mulai warna hijau muda hingga hijau tua, yang menggambarkan tingkat kehijauan daun tanaman padi. Sebagai contoh, jika daun tanaman berwarna hijau muda berarti tanaman kekurangan hara N sehingga perlu dipupuk.
Sebaliknya, jika daun berwarna hijau tua atau tingkat kehijauan daun sama dengan warna dikotak skala 4 pada BWD berarti tanaman sudah memiliki hara N yang cukup sehingga tidak perlu lagi dipupuk.

          Kelian Subak Getih, Nengah Kawi, mengharapkan agar penjelasan dari PPL Wilbin Sudaji terkait pemupukan berimbang bisa diterapkan oleh anggota Subak Getih dengan baik sehingga nantinya dapat meningkatkan hasil panen menjadi lebih maksimal.