(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Koordinasi dan Kunjungan ke Kopi Moela Pedawa

Admin distan | 24 Januari 2022 | 116 kali

Pada hari Senin, tanggal 24 Januari 2022 dilaksanakan koordinasi dan kunjungan ke Kopi Moela Pedawa. Dilaksanakan oleh Kabid Perkebunan beserta staf di Kopi Moela Pedawa diterima oleh pemilik Kopi Moela Pedawa, I Ketut Sudiarta bersama dengan pemerhati kopi dari Desa Gobleg I Komang Wisata beserta petani kopi di Desa Pedawa. Kunjungan ini merupakan salah satu upaya untuk menjalin komunikasi dengan komunitas Kopi Buleleng melalui diskusi santai membahas dan mensinergikan program pengembangan komoditi kopi di Dinas Pertanian dengan keinginan dan harapan komunitas Kopi Buleleng dalam membangun perkopian di Kabupaten Buleleng. 

 Pada diskusi kali ini di bahas bagaimana upaya mengembalikan dan mengangkat budidaya kopi di Desa Pedawa dan tradisi minum kopi  di Desa Pedawa menjadi kegiatan budidaya petani kopi diintegrasikan dengan destinasi wisata. Beberapa point hasil diskusi di Kopi Moela Pedawa adalah : 1. Mengembangkan kembali komoditi kopi robusta dan arabika sesuai dengan potensinya di Desa Pedawa melalui kegiatan swadaya dan kegiatan pengembagan kopi yang bersumber dari dana APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten salah satunya adalah intensifikasi kopi arabika seluas 100 ha di SA Bhuana Sari Desa Pedawa. 2. Pengembangan kembali tanaman aren yang merupakan bahan baku dalam pembuatan gula pedawa sebagai salah satu produk The Spirit Of Sobean 3. Melestarikan budaya minum kopi tradisional di Desa Pedawa menjadi salah satu destinasi wisata kopi dan tradisi 4. Mengusulkan adanya operator pariwisata yang bisa memfasilitasi Desa Pedawa dengan berbagai keunikannya menjadi salah satu destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Harapan ke depannya adalah budidaya kopi dan tradisi di Desa Pedawa bisa menjadi kawasan pengembangan kopi dan aren sebagaimana potensinya serta tradisi minum kopi ala pedawa menjadi salah satu obyek wisata yang menarik.