(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Kegiatan monitoring lantai jemur untuk pasca panen kopi robusta dan arabika di Balai Benih Terpadu Desa Gerokgak Kecamatan Gerokgak.

Admin distan | 03 Juli 2021 | 269 kali

Sabtu, 3 Juli 2021 bertempat di Balai Benih Terpadu Desa Gerokgak Kemacatan Gerokgak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Kabag Perkebunan PD. Swatantra, Kepala Seksi Pengolahan dan Perkebunan Distan dan  perwakilan dari Komunitas Petani Kopi Buleleng.

Maksud kegiatan monitoring lantai jemur pasca panen kopi robusta dan arabika ini adalah tindak lanjut dari kegiatan Festival Kopi Buleleng dimana akan dilaksanakan kegiatan secara terpadu untuk pasca panen dan pengolahan kopi.

Sentra pengolahan kopi terpadu ini merupakan fasilitasi dari Dinas Pertanian untuk tempat, PD. Swatantra sebagai pelaksana dan penanggung jawab kegiatan dan Komunitas Petani Kopi Buleleng sebagai penyedia bahan baku dengan konsep transparan dan saling menguntungkan. Sentra pasca panen dan pengolahan kopi ini akan menjamin kualitas produk olahan dan estimasi produksi untuk pemasaran satu pintu dengan pembeli sehingga harga jual produk kopi petani bisa ditingkatkan.

Dari hasil pengamatan di lapangan, lokasi Balai Benih Terpadu sangat cocok untuk sentra pasca panen dan pengolahan kopi mengingat luas lahan, cuaca, lantai jemur yang tersedia, gudang dan tenaga kerja yang tersedia di lokasi.