(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PERTEMUAN SOSIALISASI SEKOLAH LAPANG PENGENDALIAN HAMA TERPADU PADA TANAMAN DURIAN DI SUBAK ABIAN DWI KERTI DESA POH BERGONG KECAMATAN BULELENG

Admin distan | 22 April 2024 | 22 kali

Durian merupakan salah satu  komoditas hortikultura yang mendapat prioritas untuk  dikembangkan, karena usaha tani ini memberikan keuntungan yang cukup baik, sehingga dapat dijadikan sumber pendapatan petani. Disamping itu durian  merupakan buah-buahan  yang digemari masyarakat baik sebagai buah segar maupun sebagai buah olahan.

Rendahnya produktifitas  durian antara lain disebabkan karena tehnik budidaya tanaman yang kurang memadai, sehingga mendorong  timbulnya  berbagai  gangguan  pada pertumbuhan tanaman. Salah satu gangguan yang mengakibatkan kehilangan hasil cukup tinggi pada tanaman durian  adalah serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti : thrips, adves , diplodia, phytoptora dan kanker batang . Salah satu upaya yang dilakukan untuk menganggulangi serangan OPT pada tanaman durian adalah dengan melaksanakan kegiatan Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu.

Sehubungan dengan hal tersebut pada hari Senini, 22 April 2024 Petugas JF POPT Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng bersama Koordinator PPL Kecamatan Buleleng, POPT Kecamatan Buleleng dan PPL Wilbin Desa Poh Bergong melaksanakan sosialisasi pelaksanaan SL-PHT tanaman durian  di Subak Abian Dwi Kerti Desa Poh Bergong Kecamatan Buleleng dalam rangka fasilitasi dan bimbingan tentang OPT tanaman durian. Dengan melaksanakan budidaya tanaman sehat, pemantauan dan pengamatan OPT secara rutin   sehingga sedini mungkin sudah dapat diketahui jenis OPT yang menyerang tanaman durian untuk segera dilakukan pengendalian, maka akan dapat meningkatkan ketahanan tanaman durian terhadap serangan OPT sekaligus juga akan mampu meningkatkan produktivitas tanaman durian.


(Bidang Hortikultura)