(0362) 25090 distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian
Monitoring ke Kelompok Penerima Bantuan Benih Bawang Putih di Desa Munduk
Admin distan | 03 Mei 2021 | Dibaca 17 kali

Bawang putih adalah umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum. Bawang berwarna putih ini masih termasuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae), dan bersaudara dengan daun bawang dan bawang merah. Bawang putih sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena dalam kehidupan sehari - hari bawang putih umumnya digunakan sebagai bumbu yang dipakai hampir di setiap makanan. Tidak hanya sebagai bumbu, bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan, karena adanya senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung, melindungi sistem syaraf, hingga menguatkan sistem imun. Banyaknya manfaat dan tingginya permintaan pasar terhadap bawang putih ini, menjadikan bawang putih sebagai komoditas yang menjanjikan untuk dibudidayakan.

 

Desa Munduk ditunjuk sebagai salah satu desa pelaksana kegiatan budidaya bawang putih (desa pengembangan kawasan bawang putih). Pada bulan April lalu benih bawang putih sudah diterima oleh masing - masing ketua kelompok di Desa Munduk. Untuk melihat progres atau perkembangan dari bantuan tersebut team dari kecamatan yaitu BPP Banjar yang terdiri atas Koordinator BPP Banjar, Mantri Tani , POPT dan PPL Wilbin Desa Munduk melakukan kunjungan ke Desa Munduk tepatnya di Kelompok Pucuk Giri Amerta dalam rangka monitoring perkembangan bantuan benih bawang putih pada hari Senin, 3 Mei 2021. 

 

Dari hasil monitoring dapat diketahui bahwa benih yang baru ditanam sebesar 8 kg di lahan seluas 1,5 are dengan jarak tanam 20 x 15 . Penanaman bibit bawang putih ini baru akan dilaksanakan lagi sembari menunggu mulsa dan juga pupuk hayati , namun sudah melakukan pengolahan lahan. Setelah itu barulah mulai melakukan penanaman lagi. Dengan adanya monitoring ini dapat mengetahui perkembangan dan kemajuan dari diberikannya bantuan benih bawang putih serta dapat mengetahui apa saja hal - hal yang masih diperlukan untuk melakukan penanaman bawang putih agar nantinya tujuan pengembangan kawasan bawang putih di Desa Munduk dapat benar - benar berjalan dengan baik sesuai harapan.

Share Berita Ini :