(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pendampingan Pembinaan Pemenuhan Resertifikasi Prima-3

Admin distan | 04 Juli 2024 | 9 kali

Pada Hari Kamis, 4 Juli 2024 bidang penyuluhan mengikuti pertemuan pendampingan pembinaan pemenuhan Resertifikasi Prima-3 komoditas mangga. Bertempat di Sekretariat Kelompok Tani Baluk Mandiri, Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng kemudian didampingi oleh Penyuluh Pertanian Ahli Muda dari Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng.


Pendampingan ini dilakukan oleh Kelompok Tani Baluk Mandiri, Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar yang pelaksanaan sudah melakukan perpanjangan untuk yang ketiga  kalinya sertifikat berjalan (9 tahun). Adapun tujuan dari kegiatan pembinaan Resertifikasi Prima-3 ini adalah melanjutkan dari standar Prima-3 yaitu produk yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi (aman pestisida). Bentuk jaminan dari Prima-3 adalah terjaminnya dengan logo produk prima aman pestisida dengan nomor registrasi yang terdaftar. Maka dari itu Penyuluh Pertanian Pertanian memiliki peran untuk mendampingi mulai dari catatan usaha tani sampai dengan kegiatan pasca panen, sehingga program resertifikasi Prima-3 berhasil didapatkan.


Prima-3 adalah penilaian yang diberikan terhadap pelaksana usaha tani, produk yang dihasilkan aman dikonsumsi. Pemberian sertifikasi tersebut dilakukan oleh lembaga pemerintah yaitu Otoritas Kompetensi Keamanan Pangan Daerah (OKKPD), dan Otoritas Kompetensi Keamanan Pangan Pusat (OKKPP). Kegunaan dari pelaksanaan sertifikasi Prima tersebut adalah memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan, memberikan jaminan dan perlindungan masyarakat/konsumen, mempermudah penelusuran kembali dari kemungkinan penyimpangan mutu dan keamanan produk, dan meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk. Dalam hal ini menurut Ketua Kelompok Tani Baluk Mandiri Bapak Putu Raka mengharapkan agar proses sertifikasi ini berjalan dengan baik, sehingga dari penyampaiannya nanti pada saat musim panen periode Bulan Agustus sampai dengan Januari hasil panen dapat memberikan mutu dan pasar yang baik.



(Bidang penyuluhan)