(0362) 25090 distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian
PADI VARIETAS INPARI SIDENUK
Admin distan | 09 Maret 2021 | Dibaca 341 kali

Padi Inpari Sidenuk merupakan varitas unggul padi hasil inovasi yang menggunakan teknologi nuklir dan telah memperoleh sertifikasi dari Kementrian Pertanian,
dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 2257/Kpts/SR.120/2011 tentang “Pelepasan Galur Mutan Padi Sawah OBS1703/PSJ Sebagai Varietas Unggul Dengan Nama Inpari Sidenuk” Sidenuk sendiri singkatan dari Sidedikasi Nuklir. Varietas ini berasal dari jenis padi Diah Suci yang diradiasi sinar gamma dengan dosis 0,20 kGy dari 60Co.
Cocok ditanam di ekosistem sawah dataran rendah sampai ketinggian 600 m dpl dan tidak dianjurkan ditanam didaerah endemik tungro dan blas. Varietas Inpari Sidenuk, merupakan salah satu padi hasil pemanfaatan iptek nuklir di bidang pertanian. Galur mutan padi sawah ini mempunyai keunggulan potensi hasil tinggi, persentase rendeman beras kepala tinggi, agak tahan terhadap wereng batang coklat biotipe 1, 2 dan 3 serta tekstur nasinya pulen. Inpari Sidenuk memiliki warna daun dan batang hijau, bentuk gabah ramping berwarna kuning bersih dengan jumlah gabah per malai 175-200 butir, memiliki potensi hasil 9,1 ton/ha GKG.

Di Kabupaten Buleleng penanaman Padi Varietas Inpari Sidenuk telah dilaksanakan sejak Tahun 2018 melalui demfarm di lahan BBU Tangguwisia.
Petani Subak Umedesa245 Desa Lokapaksa Kec. Seririt di Tahun 2020 lalu pun menanam padi varietas Inpari Sidenuk dan pada hari Selasa 9/3/2021 dilakukan pengambilan ubinan sebelum panen berlangsung. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Mantri Tani Kec.Seririt, PPL Wilbin Desa Kalopaksa, Kelian Subak dan pemilik lahan IGusti Kompyang (0,86 ha). Hadir pada kegiatan tersebur Kepala Bidang Tanaman Pangan Distan Kab. Buleleng.

Share Berita Ini :