(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pertemuan Koordinasi Perencanaan DAK Fisik Bidang Pertanian

Admin distan | 01 April 2021 | 901 kali

Kementerian Pertanian memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021 senilai Rp1,64 triliun. Untuk DAK Fisik penugasan total anggaran mencapai Rp1,4 triliun. Sementara DAK Non Fisik dianggarkan Rp204 miliar

 

DAK Fisik tahun 2021 digunakan untuk pembangunan dan renovasi sarana dan prasarana fisik dasar pembangunan pertanian guna mendukung pencapaian ketahanan pangan dan peningkatkan komoditas pertanian. Khususnya dalam mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 dan menindaklanjuti prediksi FAO atas potensi terjadinya krisis pangan global akibat musim kemarau panjang.

 

Sasaran program meliputi, pembiayaan 56 unit UPTD/Balai Perbenihan Tanaman Pangan dan Perkebunan serta sarana pendukungnya. Pembiayaan bagi 1.973 unit Balai Penyuluhan Pertanian BPP di Kecamatan dan sarana pendukungnya.

 

Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng memperoleh dukungan DAK Fisik Bidang Pertanian untuk pembiayaan BPP sebanyak 7 unit dalam rangka meningkatkan kapasitas kelembagaan di kecamatan terutama Balai Penyuluhan Pertanian berupa sarana pendukung kegiatan Kostratani.

 

Kamis, 1 April 2021 bertempat di ruang Kabid Penyuluhan, untuk percepatan kegiatan DAK Fisik dilaksanakan pertemuan koordinasi dengan pihak terkait dalam rangka perencanaan rehabilitasi BPP dan sarana pendukungnya. Kabid Penyuluhan dan Kasi Ketenagaan berkoordinasi dengan pihak rekanan untuk merencanakan dan menetapkan jadwal survey ke lapangan untuk mengecek kondisi terkini dari BPP yang menjadi sasaran. 

 

Diharapkan kegiatan dapat dilaksanakan tepat sasaran dan sesuai dengan aturan yang berlaku.