(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PENDISTRIBUSIAN SARANA PENGENDALIAN OPT DAN PENERAPAN PHT TANAMAN TEMBAKAU

Admin distan | 04 Agustus 2022 | 74 kali

Kegiatan Bidang Perkebunan Hari Kamis, 4-7-2022 dilaksanakan pendistribusian bantuan sarana pengendalian OPT  dilanjutkan penerapan PHT Tembakau di wilayah KT. Sari Daun Pertiwi Desa Petemon Kecamatan Seririt. Dilaksanakan oleh Kabid Perkebunan, Substansi Perbenihan dan Perlindungan Perkebunan dan staf, Koordinator BPP Seririt, PPL Wilbin Desa Petemon,  Petugas POPT dan petugas UPPT Kecamatan Busungbiu. Dihadiri semua anggota Kelompok Tani.  Pada kesempatan ini diserahkan 5.600 kg Pupuk Trycoderma padat, 400 liter PESNAB dan 100 liter insektisida MARSAL. Barang yang  diserahkan oleh rekanan disaksikan oleh PPTK Ibu Ir. IGA Maya Kurnia., M.Si, Kabidbun, Substansi Perbenihan dan Perlindungan Perkebunan, Koordinator BPP Lecamatan Seririt, petugas UPPT Kecamatan Busungbiu, PPL Wilbin Desa Patemon, POPT, pengurus kelompok tani beserta anggota, diperiksa oleh petugas penerima barang dalam keadaan lengkap. Semua sarana tersebut diberikan kepada petani untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman tembakau.

Dari hasil pengamatan di lapangan ditemukan hama ulat, anjing tanah/beluang dan beberapa tanaman layu. Selain pengamatan OPT petani juga diajarkan praktek membuat dosis penyemprotan dan aplikasi Pesnab pada tanaman yang terserang OPT khususnya di lokasi demplot aplikasi pupuk organik. Dengan bantuan yang diterima diharapkan petani bisa mengamati, mengetahui dan dapat melaksanakan  pengendalian OPT secara mandiri di masing-masing lahan yang ditanami tembakau. Hasil pengamatan Demplot penggunaan pupuk organik secara total, tampak daun tembakau agak tipis, diprediksi produksinya lebih rendah dibandingkan yang menggunakan Pupuk an organik. Namun setelah panen barulah akan dihitung analisa usaha taninya.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyuluhan pengendalian dan pencegahan penyakit PMK pada ternak sapi yang di usahakan oleh petani tembakau untuk menghidari penyebarannya di kelompok tani Sari Daun Pertiwi salah satunya dengan aplikasi desinfektan secara berkala dan penggunaan ecoenzym jika ada gejala serangan. Untuk desinfektan dan ecoenzym bisa diperoleh di BPP Kecamatan Seririt dengan berkoordinasi melalui petugas lapangan.