(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Evaluasi Kelayakan Sumber Benih Kelapa Dalam di Kecamatan Gerokgak.

Admin distan | 26 Maret 2024 | 19 kali

Kelapa merupakan salah satu komoditi unggulan perkebunan Kabupaten Buleleng Buleleng. Minat petani untuk pengembangan kelapa semakin besar, sehingga kebutuhan akan benih kelapa meningkat jumlahnya. Berdasarkan data awal pada saat ditetapkan tercatat Kebun Blok Penghasil Tinggi (BPT)  dan Pohon Induk Terpilih (PIT) tanaman kelapa di Kecamatan Gerokgak seluas 48 ha dengan PIT sebanyak 1.020 pohon sebagai sumber benih kelapa dalam dan terus mengalami penurunan yang sangat signifikan. Pada tahun 2023 menjadi 374 pohon. pengurangan yang sangat signifikan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain karena sudah tua/rusak, alih fungsi lahan dan terkena serangan OPT.

Pada hari Selasa 26 Maret 2024, Bidang Perkebunan mendampingi Petugas Pengawas Benih dari UPTD Perbenihan, Pengawasan dan Sertifikasi Tanaman Pangan, Hortikultura dan Tanaman Perkebunan Distanpangan Provinsi Bali melaksanakan bimbingan teknis/pembinaan terhadap petani pemilik kebun BPT dan PIT kelapa dalam di Kecamatan Gerokgak serta melakukan evaluasi kelayakan kebun sumber benih tersebut.

Hasil dari wawancara dengan petani dan pengamatan langsung di lapangan jumlah PIT sudah berkurang jumlahnya, dari 374  pohon yang terdata tahun lalu, saat ini jumlahnya tinggal  335 pohon. 

Dalam upaya menjaga dan mempertahankan keberadaan PIT di Kecamatan Gerokgak diharapkan kepada petani untuk memelihara tanaman kelapa ya dengan baik dan dari pemerintah dalam hal ini  UPTD Perbenihan, Pengawasan dan Sertifikasi Tanaman Pangan, Hortikultura dan Tanaman Perkebunan Provinsi Bali selain melaksanakan evaluasi tiap tahunnya juga melaksanakan pembinaan serta memberikan bantuan pemeliharaan berupa pupuk kepada petani.


(Bidang Perkebunan)