(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

KEGIATAN SEKOLAH LAPANG GAP CABAI DI KELOMPOK TANI HARAPAN BARU DESA PEMUTERAN KECAMATAN GEROKGAK

Admin distan | 07 Agustus 2024 | 21 kali

Kegiatan Sekolah Lapang (SL) GAP Komoditas Cabai di Sekretariat Kelompok Harapan Baru Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak. Dimana  kegiatan ini merupakan pertemuan keenam dari tujuh pertemuan yang telah dijadwalkan. SL hari ini dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Pertanian, Kepala Bidang Penyuluhan beserta staf, Koordinator BPP Kec. Gerokgak, POPT Kec. Seririt, Perbekel Desa Gerokgak, Penyuluh yang bertugas di BPP Kec. Gerokgak, serta  petani peserta SL. Rabu, (7/8)

Kegiatan SL ini dibuka oleh Koordinator BPP Kecamatan Gerokgak yang juga merupakan PPL di Desa Gerokgak dan menyampaikan agenda pada pertemuan hari ini adalah arahan dari Bapak Kadis Pertanian yang akan mengajak PD. Swatantra untuk meninjau lahan cabai petani terkait pemasaran cabai yang diproduksi oleh petani, serta mengamati pertumbuhan tanaman cabai pada lahan demplot dan pemaparan materi SL yaitu pemupukan pada tanaman cabai.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian arahan dari Bapak Kadis Pertanian yaitu tentang kemandirian pangan dimana diharapkan para petani dapat mewujudkan kemandirian pangan yang pada akhirnya mampu menciptakan kedaulatan pangan tentunya dengan pendampingan dan peran serta Dinas Pertanian yang merupakan sahabat petani. Bapak Kadis juga menyampaikan bahwa pada hari ini PD Swatantra akan datang mengunjungi para petani cabai untuk melihat langsung lahan cabai milik petani yang mana nantinya diharapkan akan ada kerjasama tertulis antara petani cabai dengan PD Swatantra terkait pemasaran cabai yang diproduksi oleh petani di Desa Pemuteran. Pada saat melaksanakan pengamatan pada lahan demplot SL, Bapak Kadis menyampaikan tentang teknik pemangkasan atau memotong pucuk tanaman cabai dengan tujuan agar tanaman cabai dapat tumbuh optimal sehingga diharapkan mampu meningkatkan produksi cabai per pohonnya. Setelah melaksanakan pengamatan di lahan demplot acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang pemupukan pada tanaman cabai yang dbawakan oleh PPL Desa Pemuteran. 

Dengan adanya kegiatan SL ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam berbudidaya cabai sehingga mampu memproduksi cabai dengan optimal yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani. 



(Bidang Penyuluhan)