(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

SOSIALISASI AUTP/AUTS DAN FASILITAS PEMBIAYAAN PERTANIAN

Admin distan | 22 Juni 2022 | 12 kali

Rabu, 22 Juni 2022 Bersama Bidang PSP Dinas Pertanian Buleleng dan di dampingi PPL Wilbin Kelurahan Banyuning melaksanakan sosialisasi AUTP/AUTS dan program kegiatan PSP lainnya kepada krama Subak Babakan Jati Kelurahan Banyuning bertempat di Balai Subak, Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng


Sosialisasi pemanfaatan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) terus digalakkan karena masih kurangnya pemahaman petani dalam mengakses program AUTP tersebut. Dengan mengikuti AUTP, petani mendapatkan manfaat perlindungan atas kerugian petani dari kegagalan panen, baik karena bencana alam maupun serangan hama dan penyakit. Jadi AUTP merupakan solusi untuk mengantisipasi kerugian dalam melakukan usaha tani padi. Usaha peternakan secara umum memiliki berbagai resiko yang belum dapat diprediksi dengan baik yang diakibatkan oleh kematian, kecelakaan, kehilangan/kecurian, bencana alam termasuk wabah penyakit. AUTS merupakan salah satu solusi untuk mengantisipasi kerugian dalam usaha beternak sapi. 


Asuransi pertanian dapat menjadi solusi karena berfungsi sebagai upaya pengalihan resiko untuk melindungi petani dan peternak. Asuransi memberikan ganti rugi akibat kegagalan usaha tani maupun usaha ternak sehingga keberlanjutan usaha dan penghidupan dapat terjamin. Selain informasi AUTS/AUTP disampaikan pula  mengenai KUR sebagai modal untuk petani dan peternak yang ingin mengembangkan usaha. Sosialisasi yang telah dilaksanakan diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada krama subak untuk memanfaatkan dan mengikuti program pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani.