(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

PENGAMATAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADI BERSAMA PETUGAS POPT KECAMATAN BUSUNGBIU

Admin distan | 18 Maret 2024 | 32 kali

Tanaman padi merupakan salah satu tanaman komoditas pertanian yang kebutuhannya sangat tinggi serta menjadi sumber pangan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Proses budidaya padi sawah memerlukan upaya yang intensif dan rutin, mulai dari pembibitan, pemindahan ke lahan, hingga panen. Tahapan yang dijalankan tersebut, agar berjalan sukses dan padi mampu berproduksi secara maksimal memerlukan pemantauan dan pengamatan pertumbuhan dan perkembangan padi secara berkala. Kegiatan tersebut juga telah dilaksanakan oleh petani di Subak Busungbiu, Desa Busungbiu, Kec. Busungbiu.

Senin, 18 Maret 2024, didampingi oleh Bapak Koordinator Petugas Pertanian serta petugas POPT (Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan) Kecamatan Busungbiu. Hasil pengamatan diperoleh bahwa ditemukan gejala serangan hama penggerek batang yang menyerang tanaman padi Inbrida varietas Inpari 32 dengan umur 65 Hst, namun serangan yang ditimbulkan masih dalam batas aman atau dibawah ambang ekonomi.

Harapannya, dengan pelaksanaan pengamatan serta monetoring lapangan secara rutin dan berkala, mampu mencegah peluang serangan OPT yang lebih masif karena keberadaanya telah diketahui sedini mungkin sehingga rekomendasi pengendalian yang diberikan kepada petani menjadi lebih efektif dan efisien dalam mendukung budidaya tanaman padi sawah kedepan.


(BPP KECAMATAN BUSUNGBIU)