(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pembuatan Pestisida Nabati dan Pelatihan Kewaspadaan OPT di Subak Selonding, Desa Poh Bergong

Admin distan | 19 Maret 2024 | 26 kali

Selasa, 19 Maret 2024 dilaksanakan pembuatan pestisida nabati dan pelatihan kewaspadaan OPT di Subak Selonding, Desa Poh Bergong, yang dihadiri oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan, Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Bidang Tanaman Pangan, Penyuluh Pertanian Wilayah Binaan Desa Poh Bergong, POPT Kecamatan Buleleng, Kelian Subak serta Anggota Subak Selonding.


Acara dimulai dengan pembukaan oleh Kelian Subak, kemudian pemaparan terkait kewaspadaan Organisme Pengganggu Tumbuhan. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan terkait pestisida nabati dengan bahan kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dimana pestisida ini dapat berfungsi dalam mengendalikan OPT Blas pada tanaman padi. Para anggota Subak Selonding sangat antusias dalam praktik pembuatan pestisida nabati, dan aktif dalam diskusi terkait dengan dosis penggunaan dan waktu aplikasi pestisida nabati tersebut. 


Bahan-bahan pembuatan pestisida nabati ini dilansir mengandung senyawa flavonoid dimana dapat menghambat serangan jamur. Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut petani dapat mengantisipasi sejak dini serangan OPT dan dapat menanggulanginya dengan menggunakan pestisida nabati ramah lingkungan.


(Bidang Tanaman Pangan)