(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Kegiatan Pembinaan Kelompok Tahun 2022 dalam rangka Implementasi Indikator Pelestarian dan Pemanfaatan Wilayah Sumber Bibit Ternak dan Rumpun/Galur Ternak

Admin distan | 22 Juni 2022 | 41 kali

Pada hari Rabu, 22 Juni 2022  telah dilaksanakan Kegiatan Pembinaan Kelompok berlokasi di Kelompok Tani Ternak (KTT) Mekar Sari, Desa Pucaksari, Kecamatan Busungbiu. Kegiatan pembinaan ini dilaksanakan guna menunjang penerapan indikator kinerja yaitu pelestarian dan pemanfaatan wilayah sumber bibit ternak dan rumpun/galur ternak serta tercapainya output dari indikator terkait. Pembinaan dilaksanakan di Sekretariat KTT Mekar Sari Desa Pucaksari yang dihadiri oleh Tim Teknis PKH Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng didampingi oleh PPL Wilbin Desa Pucaksari serta seluruh pengurus dan anggota Kelompok Tani Ternak Mekar Sari, Desa Pucaksari, Kecamatan Busungbiu.


Adapun hasil dari kegiatan pembinaan yang telah dilaksanakan diantaranya:

1. Agenda pembinaan  bertujuan untuk mengetahui perkembangan jumlah dan kondisi ternak yang ada, khususnya komoditi kambing boer yang dibudidayakan oleh kelompok.

2. Kesehatan ternak kambing yang ada tergolong baik dan diharapkan agar senantiasa dijaga kondisinya, baik dari sisi kesehatan hingga pakan agar terhindar dari resiko penyakit yang menyerang. 

3. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas ternak kambing adalah dengan memberikan pakan yang cukup dan dalam kondisi baik serta rutin melakukan perawatan ternak yang optimal.

4. Permasalahan yang ada di kelompok berupa kondisi pemeliharaan khususnya sistem perkandangan yang masih kurang, sehingga solusi yang dapat ditawarkan berupa pembuatan kandang yang lebih luas atau dilepas di halaman terbuka. Kondisi ini dapat memberi ruang pada ternak sehingga perkembangannya diharapkan menjadi lebih baik. 

5. Untuk menghasilkan keturunan dengan genetika yang baik, diperlukan adanya persilangan  antara jenis kambing boer dengan jenis kambing lain (misal: PE) untuk menghasilkan persilangan sesuai harapan.

6. Untuk pengadaan jenis kambing boer di SIPD akan diusulkan terlebih dahulu standar harga dan lainnya agar memudahkan dalam proses pengadaan ternak tersebut di tahun-tahun berikutnya.


Dengan adanya kegiatan pembinaan kelompok ini, diharapkan kedepannya dapat memberi manfaat pada kelompok, khususnya manfaat edukasi ternak yang baik, benar, terarah dan berkelanjutan. Selain itu melalui kegiatan pembinaan, kelompok juga diharapkan dapat secara aktif melaporkan perkembangan kondisi ternak yang ada di kelompok agar kedepannya resiko penyakit dapat diantisipasi dan pemeliharaan ternak dapat dilakukan secara maksimal.