(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Mencegah Penyebaran PMK Di KTT. Suka Duka Dengan Melakukan Penyemprotan Desinfektan

Admin distan | 03 Agustus 2022 | 35 kali

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Merupakan penyakit yang menyerang hewan berkuku belah, yang disebabkan oleh virus Aphtaee epizootecae. Obat untuk mengendalikan virus ini dikatakan belum ada, namun ada upaya untuk mencegah perkembangan dan penyebaran yaitu dengan melaksanakan vaksinasi dan penyemprotan dengan desinfektan

Pada hari Rabu, 3 Agustus 2022 telah dilaksanakan penyemprotan desinfektan pada KTT Suka Duka yang berlokasi di Kelurahan Banyuning.  Kegiatan penyemprotan desinfektan dilaksanakan oleh anggota kelompok ternak dengan menggunakan APD yang dihadiri PPL, Babinkamtibmas, Sekretaris Kelurahan, Ketua dan anggota KTT suka Duka.


Selain penyemprotan desinfektan, PPL wilbin juga memberikan KIE mengenai kasus PMK yang saat ini berkembang, kepada pemilik ternak yang turut hadir dalam kegiatan ini. Hal - hal yang disampaikan meliputi upaya pencegahan penyebaran PMK, tanda klinis hewan ternak yang terjangkit PMK, serta sanitasi kandang.

Melalui kegiatan ini diharapkan penyebaran PMK pada hewan ternak dapat dicegah dan tidak menimbulkan kerugian bagi pemiliknya.