(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pengawasan Alsintan di Subak Lanyahan Kerobokan

Admin distan | 19 Maret 2024 | 27 kali

Selasa, 19 Maret 2024. Tim teknis pengawasan Alat Mesin Pertanian Gede Bimantara dan Komang Pande Budiasa yang dikoordinir Pejabat Fungsional Pengawas Alsintan Ir. Nyoman Ely Sunaryani melaksanakan giat pengawasan Alsintan di Subak Lanyahan Kerobokan, Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan. Alat mesin pertanian yang diawasi adalah bantuan pemerintah berupa pompa air dengan spesifikasi diameter 3 inc, merek BJ30. Pompa air ini merupakan bantuan pemerintah pada tahun 2020. Dimanfaafkan oleh kelompok penerima yaitu Subak Lanyahan Kerobokan untuk tanaman pangan komoditas padi. 


Kondisi alsintan pompa air berfungsi dengan baik. Dimana pemanfaatan pompa air ini digunakan pada bulan Juni-Desember dengan luas lahan yang diairi sebesar 2 ha dimana luas baku sawah subak lanyahan kerobokan sebesar 76 ha. 

Petani pemanfaaat bantuan pompa air di Subak Lanyahan Kerobokan, Nyoman Widiana menuturkan bantuan pompa air ini sangat bermanfaat bagi petani terutama dalam peningkatan produktivitas dan antisipasi kekeringan pada lahan pertanian yang diusahakan. 


(Bidang PSP)