(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pelayanan Kesehatan Hewan di Desa Panji Anom

Admin distan | 11 Mei 2022 | 83 kali

Rabu, 11 Mei 2022 telah dilaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan hewan bertempat di Kelompok Ternak Tunjung Mekar, Desa Panji Anom. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dokter Hewan, Admin Puskeswan Kecamatan Sukasada, PPL Wilbin Desa Panji Anom serta didampingi oleh Ketua Kelompok. 

Kegiatan pelayanan kesehatan pada hewan ini meliputi pemeriksaan kesehatan hewan, pengobatan pada sapi yang sakit dengan pemberian antibiotik, antihistamin, anti endoparasit dan pemberian obat cacing serta pelayanan kesehatan lainnya kepada ternak sapi demi menunjang kesehatan ternak dan pencegahan penularan penyakit. Adapun jumlah ternak sapi yang mendapat pelayanan sebanyak 22 ekor dimana masing - masing 3 ekor sapi jantan dan 19 ekor sapi betina. 

Selain pelayanan tersebut diatas, Dokter Hewan Kecamatan Sukasada juga memberikan konsultasi perihal pakan ternak kepada petani pemilik ternak, konsultasi mengenai kesehatan hewan, penyampaian informasi mengenai upaya - upaya yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan kandang demi mencegah hewan ternak terjangkit penyakit serta pemberian obat pembasmi lalat.