(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Sosialisasi Sekolah Lapang Budidaya Ramah Lingkungan Komoditas Padi

Admin distan | 03 April 2024 | 78 kali

Rabu, 3 April 2024

Sekolah Lapang (SL) merupakan bentuk sekolah yang seluruh proses belajar-mengajarnya dilakukan di lapangan, yakni dilaksanakan di lahan petani peserta SL dalam upaya peningkatan produksi komoditas padi khususnya di Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengenali potensi, menyusun identifikasi dan mengatasi permasalahan, serta menerapkan teknologi yang sesuai dengan sumber daya yang ada secara sinergis dan berwawasan lingkungan. Sehingga, usaha tani diharapkan bisa lebih efisiensi, produktivitas tinggi dan berkelanjutan.

Pelaksanaan Sekolah Lapang dilaksanakan di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng yang diinisiasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng melalui Bidang Penyuluhan. Dihadiri oleh Kepala Bidang Penyuluhan Ibu drh. Ni Luh Prima Diantari Wati, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Banjar Bapak Wayan Suwastawa Giri, Penyuluh Pertanian Ahli Muda Ibu Luh Suryatini, SP, serta para  Penyuluh Pertanian Lapangan wilayah Kecamatan Banjar, serta petani-petani perwakilan Subak komoditas padi.

Tujuan SL adalah untuk menambah pengetahuan, sikap, dan keterampilan dari petani-petani untuk berusaha/berbudidaya secara ramah lingkungan mulai dari input penggunaan pupuk sampai dengan pengelolaan hama dan penyakit pada tanaman padi.  Diharapkan setelah adanya pelatihan ini dapat memanfaatkan lahan dari petani dengan menggunakan biaya yang relatif rendah karena menggunakan bahan-bahan (pupuk atau pestisida) didapat dari lingkungan sekitar.

SL ini selalu didampingi mulai rembug tani sampai dengan Farm Field Day (Temu Lapang Tani). Tahap awal dalam setiap subak subak dipilih beberapa petani untuk dijadikan Laboratorium Lapang ( LL).  Luas komoditas padi yang dijadikan Laboratorium Lapang untuk penelitian SL ini seluas 2 hektar. Kegiatan ini mendapat sambutan yang hangat dan antusias dari penyuluh dan petani sehingga besar harapan kegiatan SL ini berhasil dan sukses


(Bidang Penyuluhan)