(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pengamatan OPT Durian di Desa Pedawa

Admin distan | 12 Mei 2022 | 12 kali

Kamis, 12 Mei 2022 telah dilaksanakan pengamatan OPT durian di Desa Pedawa didampingi oleh POPT Kecamatan Banjar dan PPL Wilbin. 

Dari hasil pengamatan yang dilakukan dijumpai serangan penyakit kanker batang yang disebabkan oleh jamur Phytopthora palmivora dengan intensitas ringan. 

Gejala awal jamur ini ditandai dengan munculnya bercak coklat kecil dan agak basah pada batang durian, dan pada serangan berat bercak coklat tersebut akan meluas dan mengeluarkan   blendok berwarna merah. Jamur ini menyerang pembuluh kayu pada batang durian, pembuluh kayu yang terserang akan berwarna coklat yang berarti jaringannya sudah rusak dan tidak berfungsi lagi. Jaringan yang rusak akan menghambat proses transportasi hara sehingga mengganggu pertumbuhan bahkan dapat menyebabkan kematian tanaman. 

Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan memangkas tunas air yang tidak produktif untuk mengurangi kelembaban, perbaikan drainase dan aplikasi agensia hayati Paenybacillus polymixa. Namun pada intensitas serangan berat diatas ambang pengendalian, dianjurkan untuk pengaplikasian fungisida berbahan aktif benlate. Pengaplikasian fungisida ini dilakukan dengan menyaput/mengoles fungisida pada bagian batang yang terserang dengan terlebih dahulu mengelupas kulit dan jaringan yang sudah terserang. 

Disamping pengendalian yang dilakukan, diharapkan tetap melakukan pengamatan secara intensif untuk mengetahui perkembangan penyakit tersebut dan mencegah menyebar ke bagian tanaman lainnya.