(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Kunjungan ke Kebun Induk Kopi Robusta

Admin distan | 30 April 2024 | 22 kali

Selasa, 30 April 2024 kegiatan Bidang Perkebunan yaitu melaksanakan kunjungan ke Kebun Induk Kopi Robusta yang berlokasi di Desa Sai, Kecamatan Pupuan, Tabanan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kepala Bidang Perkebunan, POPT Perkebunan dan diterima oleh Koordinator Kebun Induk.

Kebun Induk Kopi Robusta telah ada sejak tahun 1973, mempunyai luas areal 13,20 ha. Kebun ini merupakan kebun sumber entres bagi pengembangan budidaya kopi robusta. Metode sambung kopi (entres) menjadi salah satu upaya pemanfaatan tanaman kopi yang sudah tidak produktif untuk meningkatkan produksi kopi. 

Menurut penjelasan Koordinator Kebun Induk, batang bawah kopi yang ditanam pada kebun ini adalah klon BP 308 yang memiliki ketahanan terhadap serangan nematoda, memiliki perakaran yang bagus dan tahan kekeringan. Sedangkan klon kopi robusta yang dijadikan entres yaitu BP 42, BP 358 dan SA 237. Kebun induk dapat memproduksi 100.000 entres/ha yang dipanen pada bulan Maret dan November. Selain sebagai sumber entres, Kebun Induk Kopi Robusta juga dijadikan sebagai tempat pelatihan bagi para petani yang ingin memulai usaha budidaya kopi.



(Bidang Perkebunan)