(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Ulatan Daun Kelapa Wadah Buah Ramah Lingkungan

Admin distan | 04 November 2019 | 3051 kali

Tanaman kelapa ini ternyata memiliki banyak manfaat pada bagian daun, yang dimana merupakan daun tunggal dan menyirip. Terdapat banyak macam manfaat ataupun kegunaan dari daun kelapa buat keseharian atau kehidupan Sehari-hari salah satunya adalah untuk pembuatan wadah barang.

Saat ini sedang digalakkan mengenai bali bebas sampah plastik, mulai pelarangan penyediaan wadah pelasti di toko-toko hingga ke dagang-dagang kecil. Hal ini diperkuat denga adanya Pergub yang mengatur tentang batasan penggunaan pelasti sebagai wadah barang belanjaan.

Salah satu solusi untuk wadah belanjaan maupun sebagai wadah produk pada kegiatan pameran di sarankan untuk menggunakan ulatan dari daun kelapa. Daun kelapa mudah dijadikan ulatan untuk pembuatan wadah, karena memiliki daun yang panjang dan juga gampang di anyam dengan tekstur daun yang lemas, memiliki lidi yang kuat membuat ulatan dapat bertahan lama.

Kreasi daun kelapa ini harus didukung terus dari semua aspek yang nantinya dapat menanggulangi ancaman sampah pelastik yang berlebihan..., (BPP Banjar)