(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

TABULAPOT

Admin distan | 01 Oktober 2019 | 483 kali

Tabulapot atau tanaman buah dalam pot merupakan hal yang mulai lumrah diketahui banyak lapisam masyarakat, namun tidak semua fasih dan paham akan hal praktis menanam tanaman buah dalam pot.

Tidaklah menarik bagi petani/bahkan orang biasa yang mempunyai banyak lahan/hamparan lahan yang luas untuk menanam TABULABOT, namun definisi sebenarnya bukanlah untuk apa menanam tabulapot sedangkan kita mempunyai lahan luas! Akan tetapi makna sesungguhnya ialah, betapa mudahnya kita/individu bisa merangsang , memanipulasi bahkan membuahkan tanaman itu diluar musimnya.

Tabulapot bisa dipilih ragam dan jenis tanaman yang disukai tergantung kebutuhan sang pemilik, ambil saja contoh tabulapot yang ramah akan tangan pemula, seperti tanaman buah "jambu biji" dengan jenis kristal, hampir ramah dengan kondisi cuaca dingin ataukah panas , bahkan bisa ditanam 700 dpl.

Membahas media tanam yang dipakai anda cukup menyediakan :
1. Polybag dengan diameter 70 bahkan lebih/dengan memakai media tanam yang sangat ramah lingkungan dan memanfaatkan barang bekas seperti x ban mobil segala ukuran.
2. Pastikan mempunyai serabut kelapa, sekam padi bakar/sekam kulit kopi jika anda berada di daerah perkebunan kopi. Bisa juga dipakai serat gergaji. Fungsi serat kelapa ,sekam atau serbuk gergaji tersebut secara khusus membantu mengurangi keasaman dalam tanah ketika serat itu hancur maka akan menjadi zat fosfor,kalsium yang sangat memadai.

3. Sedikit media tanah yang sudah tercampur pasir laut/pasir bangunan juga diperbolehkan.

 

Setelah media tanam semua terpenuhi maka pembaca/petani muda kreatif cukup menanam tanaman buah yang di inginkan dengan sedikit teknik. Yaitu

1. Jika tanaman itu dikembangbiakan dari cangkok dan baru dipotong usahakan media tanam sedikit basah karena kar yang baru tumbuh tidak peka terhadap unsur hara yang baru, sehingga rawan pembusukan.

2. Jika tanaman yang akan ditanam ke pot sudah berumur dan bekas pindahan dari tanah/dahulunya tanpa pot.. bisa ditanam dengan melebihkan media tanah/pupuk organik, untuk mempercepat pertumbuhan perakaran baru.

 

Setelah semua media tanam dan cara menanam sudah benar maka, perawatan cukuplah mudah. Dan merangsang tanaman buah dalam pot pun cukup mudah dan tanaman bisa cepat merespon rangsangan apapun yang kita terapkan.

 

(Haris_BPP Busungbiu)