(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

SERANGAN TRRIPS PADA TANAMAN PAPRIKA

Admin distan | 11 September 2019 | 2438 kali

Serangan thrips sering dialami oleh petani dimana tanaman paprika tumbuh baik dan subur namun tiba-tiba pucuk-pucuk daunnya terlihat mengkerut. Thrips dapat menyebabkan daun tanaman paprika menjadi kriting. Resiko terburuk apabila serangan thrips dibiarkan tanaman paprika tidak dapat panen atau gagal panen.

Gejala yang dapat dilihat jika paprika terserang thrips yaitu adanya bercak-bercak putih atau keperak-perakan/ kekuning-kuningan terutama pada permukaan bawah daun paprika. Bercak-bercak awalnya tampak dekat dengan tulang daun kemudian menjalar ke tulang daun hingga seluruh permukaan daun menguning. Serangan berat daun menjadi berwarna coklat, mengeriting, menggulung sampai akhirnya menjadi kering. Pada akhirnya pertumbuhan tanaman menjadi kerdil dan tidak dapat menghasilkan bunga.

Hama thrips saat ini ada yang menyerang tanaman paprika milik salah satu petani di Desa Pancasari Kecamatan Sukasada. Petani melakukan penanggulangan dengan cara kemotong daun yang terserang hama, melakukan penyemprotan dengan biopestisida, melakukan pemupukan dan penyemprotan zat perangsang tumbuh seperti GA3, Atonik, atau pupuk daun, serta pengendalian hama yang menyebabkan daun kriting yaitu dengan melakukan penyemprotan menggunakan insektisida.

Dengan adanya pengendalian yang lebih awal dari petani diharapkan serangan thrips dapat berkurang sehingga kerugian yang ditimbulkan dari serangan thrips ini tidak terlalu banyak.... (Rima_BPPSukasada)