(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Profil Usaha Alat Pasca Panen (SELIP) UD. Amerta Asih

Admin distan | 29 Agustus 2019 | 629 kali

Ud. Amerta Asih merupakan salah satu usaha yang berada di Kecamatan Busungbiu yang melayani pasca panen padi atau lebih dikenal dengan selip gabah. Usaha ini berdiri pada tahun 1990 dan sudah memiliki ijin pada tahun tersebut untuk menjalani usaha selip gabah. Pemilik dari usaha ini yaitu Putu Witana yang berasal dari Desa Bengkel.

Untuk usaha beralamat di Banjar Asem, Desa Bengkel. Luas area yang digunakan sebagai usahanya seluas 25 are. Bapak Putu Witana ini memiliki 4 rang yang bekerja membantu dalam menjalankan usahanya yaitu selip gabah. Adapun upah yang didapat dari pegawainya yaitu 25% dari ongkos selip yang diperolehnya.


Pada tahun 2012 usaha dari Bapak Putu Witana ini mendapat bantuan berupa mesin yang digunakan untuk usaha selip gabahnya. Dalam menjalankan usaha selama ini beliau tidak mengalami hambatan apapun dan usahanya lancar-lancar.
Usaha selip gabah yang dijalaninya selama ini meliputi tidak begitu memakan biaya yang besar khususnya dalam pemasaran. Setiap bulannya beliau kurang lebih menghabiskan biaya sebesar Rp 500.000 untuk biaya operasional baik itu bensin untuk kendaraan maupun untuk mesin. Untuk wilayah pembelian gabah beliau biasanya membelinya di sekitar Kecamatan Busungbiu bahkan hingga ke Kecamatan Seririt. Pada bulan Juli beliau mampu melakukan pengolahan gabah hingga 15.000 kg atau 15 ton dan beras yang diproduksinya mencapai 7.950 kg atau 7,95 ton. Harga gabah yang dibelinya berkisaran Rp 4.700 perKg dan harga beras yang dijualnya berkisaran Rp 9.000 perKg.


Dari usaha yang dirintisnya hampir 29 tahun ini beliau mulai mengalami kendala terhadap mesinnya. Mesin bantuan yang diterimanya pada tahun 2012 kini sudah mulai mengalami kemacetan dan ada beberapa bagian yang mulai rusak. Sehingga keadaan ini membuat sedikit hambatan dalam pekerjaan.

Sumber informasi : Putu Witana (pemilik Ud. Amerta Asih)

Penulis : Gayatri, BPP Busungbiu