(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

POTENSI DESA SILANGJANA KECAMATAN SUKASADA

Admin distan | 02 Desember 2019 | 1199 kali

Kabupaten Buleleng menyuguhkan banyak wisata alam salah satunya air terjun. Untuk itulah wisatawan yang berkunjung memilih untuk mengisi tujuan untuk berpetualang dan tracking di alam liar yang menjadi pilihan. Salah satunya adalah air terjun yang terletak di Banjar Dinas Dajan Margi, Desa Silangjana, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Desa Silangjana sendiri terdapat dua buah air terjun yang berpotensi menjadi tujuan wisata yang perlu dikunjungi. Kecamatan Sukasada sendiri sebagian wilayahnya berada di dataran tinggi dan terdiri dari perbukitan hijau yang dipenuhi oleh pepohonan tropis, alamnya terlihat hijau sejuk dan tenang.

Air terjun yang disajikan di Desa Silangjana ini memang belum begitu populer, namun pemandangannya tidak perlu diragukan lagi karena memberikan pengalaman yang berbeda dalam perjalanan wisata. Pada awalnya keberadaan desa ini belum begitu dikenal sebagai tujuan wisata di kawasan Buleleng.

Keberadaan air terjun tersebut mendongkrak popularitas Desa Silangjana untuk bisa terus bersaing menjadi sebuah tujuan wisata di kawasan Bali Utara, itulah sebabnya keberadaan air terjun di Desa Silangjana cukup potensial dikembangkan menjadi tujuan wisata di Bali Utara. Tidak hanya itu, potensi Desa Silangjana dalam produksi di bidang pertanian pun tidak kalah beragamnya.

Desa Silangjana mampu menjadi penghasil tanaman pangan komoditas padi, hortikultura komoditas mangga, manggis, durian dan perkebunan komoditas cengkeh, kakao, aren. Adapun produksi hasil perkebunan yang menjadi ciri khas Desa Silangjana yaitu tuak manis. Tuak manis merupakan minuman khas Desa Silangjana yang memiliki rasa manis dan juga segar. Nira dari pohon aren diolah menjadi gula aren, dan selain itu kini penduduk juga memproduksi gula semut yang juga menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan sebagai buah tangan pengunjung wisata. Dari beraneka ragam potensi tersebut diharapkan dapat dikembangkan guna membangun perekonomian masyarakat setempat....

(BPP Sukasada)