(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

POHON KELOR SEBAGAI RAMBATAN TANAMAN VANILI

Admin distan | 20 Desember 2019 | 3190 kali

SEBUAH ILUSTRASI


Pohon kelor ( Moringa oleifera ) pada tanah yang cukup unsur hara dan air dapat tumbuh dengan pesat, seperti tanaman rambatan vanili pada umumnya seperti : lamtoro, gamal, dadap serta pohon rambatan lainnya. Selain itu kelebihan pohon kelor memiliki segudang manfaat diantaranya ; meningkatkan ketahanan tubuh, meningkatkan energi, memudahkan pencernaan, memberi perasaan sehat ke seluruh tubuh, serta manfaat lainnya karna daun pohon kelor bila dikonsumsi dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Pohon kelor dapat dengan mudah diperbanyak baik melalui biji yang terdapat dalam buah kelor yang umum kita tau dengan nama kelentang.
Tanaman vanili merupakan tanaman yang tumbuh merambat, batang tanaman vanili kira – kira sebesar jari tangan orang dewasa, berwarna hijau, agak lunak, beruas dan berbuku. Tanaman vanili akan tumbuh melekat pada pohon atau tonggak / tajar yang telah disediakan.


Apabila kedua tanaman ini dapat kolaborasikan maka kita akan mendapat dua keuntungan sekaligus. Pohon kelor sebagai rambatan mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan bila dikonsumsi, serta daunnya saat ini mempunyai nilai jual untuk diolah dijadikan tepung, sebagai bahan baku berbagai penganan sehat. Sedangkan tanaman vanili merupakan komoditi yang saat ini mempunyai nilai jual tinggi. Sebuah kolaborasi budidaya, yang satu menyehatkan dan satunya lagi mempunyai nilai ekonomis tinggi. Kelebihan lainnya yang didapat adalah tanaman vanili mulai berproduksi pada umur lebih kurang satu setengah tahun dan selanjutnya dengan siklus setahun sekali. Sedangkan pohon kelor dapat diambil daunnya mulai umur satu tahun dan selanjutnya dengan siklus tiga bulanan, ada hasil sampingan dari pohon rambatan sambil menunggu tanaman pokok berproduksi.

 

OLeh ;

BIdang Perkebunan/Kabid/OkaSastra