(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi

Admin distan | 27 Januari 2020 | 6447 kali

Ditulis oleh :

Wahyu/BPP BUSUNGBIU

 

Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi

Hal menarik yang mungkin belum terpikirkan oleh sebagian dari kita yaitu bahwa ketika kopi diambil bijinya, ada elemen yang terbuang dan bisa disebut limbah, yaitu kulit kopi. Namun, kulit kopi ternyata tidak dibuang begitu saja, bagi pemilik kebun kopi yang kreatif mungkin bisa membuat produk turunan yang memanfaatkan kulit kopi menjadi produk lain sehingga kata lainnya limbah kulit kopi dapat didaur ulang. Misalnya produk yang dihasilkan dari kulit kopi seperti ;

*_Diolah menjadi cascara

Kini cascara telah menjadi idola yang mulai bisa dinikmati para peminum kopi dunia. Pun karena telah menjadi primadona, banyak petani yang mulai mengolah cascara mereka dengan tidak membuang limbah kopi sisa proses begitu saja. Cascara sendiri adalah teh dari kulit ceri kopi yang diolah sedemikian rupa dan kemudian dikeringkan. Setelah dikeringkan cascara kemudian bisa diseduh layaknya teh dan dinikmati seperti menikmati kopi dan teh. Cascara memiliki cita rasa fruity yang kuat. Dengan adanya cascara, limbah kopi kini mulai berkurang jumlahnya. 

*_Sebagai pakan ternak

Sudah lama masyarakat di sekitar perkebunan kopi memakai limbah kulit kopi sebagai makanan ternak. Daripada dibuang begitu saja, mereka mengumpulkan limbah dan melimpahkannya kepada peternakan untuk selanjutnya diolah menjadi pakan ternak. Kulit ceri kopi dipercaya baik untuk ternak karena mengandung vitamin plus memiliki rasa yang manis sehingga disukai hewan ternak tersebut.

*_Sebagai pupuk kompos

Ternyata limbah kopi juga bisa dijadikan pupuk kompos yang ternyata baik untuk tanaman. Limbah kopi dinilai layak dijadikan kompos karena bisa diuraikan secara organik. Proses pengolahan dari limbah kopi menjadi kompos dilakukan secara aerobik yaitu memerlukan bantuan oksigen. Pupuk kompos dari limbah kopi ini menjadi alternatif para petani agar mengurangi limbah serta menjadi pilihan tepat mendapatkan pupuk untuk tanaman lain secara lebih ekonomis.

*Sumber* :
Yuliandri, M.T. 2017. 3 Manfaat Dari Limbah Kopi. https://majalah.ottencoffee.co.id/3-manfaat-dari-limbah-kopi/. Diakses 27 Januari 2020.