(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Hama Kutu Putih dan Embun Jelaga pada Jeruk

Admin distan | 25 September 2019 | 12487 kali

Kutu putih merupakan hama penting pada tanaman jeruk. Nama umum hama ini dalam Bahasa Inggris adalah citrus whitefly.

Dalam Inggris fly berarti lalat dalam Bahasa Indonesia, tetapi karena citrus whitefly merupakan serangga ordo Hemiptera maka nama dalam Bahasa Indonesia sebaiknya adalah kutu sayap putih jeruk.

Identifikasi kutu sayap putih jeruk dilaksanakan dengan melakukan pengamatan lapangan dilanjutkan dengan pengamatan mikroskopis. Koloni kutu sayap putih jeruk terdapat hanya pada permukaan bawah daun, menghasilkan embun madu lengket yang menutupi permukaan daun dan permukaan daun di bawahnya, memicu pertumbuhan jamur jelaga yang menghambat fotosintesis.

Pada infestasi berat, seluruh tajum tampak menghitam sehingga pertumbuhan tanaman menjadi terhambat.

Hal inipun menjadi alasan pada hari ini 25 September 2019 oleh POPT Kec. Tejakula melakukan pengamatan di Lahan milik petani di Desa Penuktukan bernama Pak Nyoman Tadi. Beberapa koloni yang ditemukan pada daun jeruk hingga menimbulkan embun jelaga. Pengendalian secara kimiawi tidak direkomendasikan, kecuali bila populasi meningkat dengan cepat, dilakukan penyemprotan emulsi minyak pada diarahkan ke permukaan bawah daun untuk menghilangkan embun jelaga pada daun.

 

Sumber :
- Anonim. 2016. Hama Jeruk Kutu Sayap Putih Jeruk. https://peduliketahananhayatijeruk.blogspot.com/2016/09/hama-jeruk-kutu-sayap-putih-jeruk.html?m=1. Diakses pada 25 September 2019.
- Wawancara Petani secara langsung

oleh:

Purna_BPP Tejakula>>>