(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Durian merupakan tanaman peka terhadap rangsangan/stresing untuk pembuahan

Admin distan | 26 September 2019 | 4286 kali

Buah durian merupakan buah favorit yang sebagian besar orang indonesia menyukainya, dengan kata lain berbudidaya tanaman satu ini sangat menjanjikan.

Umur pohon durian mulai mengluarkan bunga atau belajar berbuah adalah umur 4--5 tahun (tergantung ketinggian tempat penanaman atau lokasi) secara umum umur 5 tahun lebih ini adalah masa yang paling susah untuk di prediksi, karena secara kebutuhan fungsi serapan/asupan fosfor,kalsium dan zat2 dalam tanah masih tergantung kepada musim, entah itu hujan ataukah musim panas.

Dengan teknologi dan cara budidaya yang semakin komplek dan cerdas cara pembungaan sejak dinipun semakin diminati oleh petani yang menanam pohon durian, salah satu yang umum dilaksanakan di petani dengan biaya minim ialah, dengan cara stresing pohon dengan cara melukai atau memotong akar dengan persentase kecil hingga besar hingga dengan logika ataupun dunia biologi bisa dijelaskan, stresing dengan cara ini pada dasarnya menghambat asupan asam/air yang sudah diolah oleh akar (xilem) dan disalurkan ke seluruh bagian pohon durian oleh pembuluh (floem) sehingga pertumbuhan secara vegetatif akan terhambat dan mengurangi pasokan pembentukan "N" yaitu zat hijau daun , dan pasokan makanan dari daun melalui stomata yg berupa energi akan berubah menjadi pertumbuhan generatif hingga tumbuhnya calon bakalan tangkai bunga dan bakal buah durian, namun cara stresing seperti ini tidak dianjurkan karena dalam jangka panjang bekas pelukaan/stresing di kulit kayu akan membusuk dan sangat gampang terkena jamur dalam hal ini "jamur akar putih" adalah yg paling ganas menyerang perakaran durian.

Cara yang lebih praktis dan cukup memerlukan biaya ialah dengan "kalsium" karena secara logika kalsium dalam tanah sangatlah tipis, sehingga dengan cara menabur atau menyemprot lewat daun cukup berfungsi merangsang pertumbuhan calon bunga (dengan catatan durian minimal berumur 5 tahun atau bahkan lebih). Kekurangan dengan cara teraebut adalah mulai sifat perakaran yg malas dan cendrung menunggu asupan kalsium yg "sama" sehingga jika tidak mendapat kalsium yang sama. "Terandaikan manusia dengan kebiasaan merokok yang tiba" akan serasa sangat menyakitkan.

Namun kembali ke pemilik pohon/kebun untuk mendapatkan nilai,kuantitas atau produktifitas yang dikehendakinya. Dengan kata kunci : pohon durian sangatlah gampang untuk diterapkannya stresing,pemberian asupan tambahan sehingga bertani durian diluar musim sangatlah bisa.

 

 Oleh :

Haris_BPP Busungbiu>>>