(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

COCONUT NARGIL KELAPA INOVASI OLAHAN TERKINI

Admin distan | 27 April 2020 | 2140 kali

COCONUT NARGIL KELAPA INOVASI OLAHAN TERKINI

 

Ketut Sumantia,SP.(Penyuluh Pertanian Madya,Distan Buleleng)

 

Tanaman kelapa, ialah tanaman tahunan yang sangat berharga di Indonesia. Tanaman ini merupakan sumber berbagai bahan, tiap bagian pohon mempunyai faedah untuk kita. Mulai dari akar sampai daunnya yang muda, mempunyai manfaat yg baik. Pohonnya berguna untuk bahan bangunan.Daunnya yang muda, banyak dimanfaatkan untuk hiasan dalam upacara ke agamaan, untuk ketupat. Tempurung digunakan sebagai bahan arang. Sedangkan sabutnya digunakan untuk keset, tali, serta yang sekarang populer digunakan untuk bahan popit, yaitu sebagai bahan pencampur pupuk organik. Batang ,daun, sabut , tempurung merupakan bahan industri sampingan. Bahan industri utama adalah buahnya, buah kelapa bisa dibuat antara lain: Mi…

Coconut nargil yang sudah jadi kemudian dikemas dan diisi logo, bisa dibawa , dijual ke supermaket bisa dipakai sebagai tambahan penghasilan. Pengerjaannyapun berstatus skala home industri.

Berikut ini penulis menyampaikan inovasi pembuatan Coconut Nargil sebagai berikut :


a.Bahan yang diperlukan:


-2 butir Kelapa muda.
-1/4 Kg gula kelapa
- Penyedap aroma( vanili atau sesuai selera)


b.Alat- alat yang dibutuhkan :


-Waskom
-Sendok goreng
-wajan
-Kompor gas
-Pemarut
-Kuali
-Air secukupnya
-Minyak goreng
-Nampan, nyiru
-Alat pencetak
-Kemasan.


c. Metode Pembuatannya.


Kelapa muda dikupas, kemudian dicuci sampai bersih, lanjut kelapa di parut.
Hasil parutan digoreng sampai matang. Saat menggoreng supaya diperhatikan kematangannya, jangan sampai menjadi gosong, dengan cara mengaduk-aduknya secara pelan, dengan demikian akan didapat hasil yang memuaskan, kelapa yang matang akan memiliki aroma yang harum.
Jika parutan kelapa yang digoreng tadi sudah matang maka kelapa diangkat dan ditiriskan.
Pekerjaan selanjutnya gula kelapa dicairkan dengan cara dipanaskan diatas api, sambil diaduk-aduk, aroma dimasukan,pewarna juga dimasukkan.Jika sudah mencair api dimatikan.
Dan dinginkan, jika gula sudah dingin, dimasukan parutan kelapa muda, sambil diaduk hingga bercampur rata.
Pekerjaan selanjutnya yaitu pencetakan coconut nargil, bisa dicetak berbentuk segitiga,oval atau bulat, tergantung selera.
Untuk menarik minat pembeli, Coconut nargil diisi logo yang keren, yang lengkap tgl pembuatan,tgl.kedaluwarsa, serta yang memproduksi, serta kontak person.
Jika Coconut nargil dibuat secara berkelompok akan membuat ekonomi dan perkembangan kelompok akan lebih baik....