(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

CARA MENGATASI HAMA WERENG DAN TIKUS DI SAWAH

Admin distan | 28 Oktober 2019 | 5112 kali

Data kementerian pertanian pada tahun 2017 menunjukkan bahwa terdapat sekitar 86 ribu hektar sawah yang terserang wereng dimana 1.969 hektar sawah mengalami gagal panen.
Selain itu sepankang 2017 tikus telah menyerang 80 ribu hektar sawah dan membuat 1.570 hektar sawah gagal panen.

Aplikasi mina padi
Mina padi merupakan usaha pertanian yang menggabungkan budidaya padi dengan ternak ikan.
Sawah akan selalu terendam air dengan ketinggian sekitar 60 cm pada caren dan 80 cm pada sudut sawah. Keadaan ini akan membuat tikus sulit menyerang padi. Wereng pun akan tercebur ke dalam air sebelumnya menyerang padi.

Pengasapan
Menggunakan pestisida asap untuk memasukkan asap ke dalam lubang tikus disekitar sawah. Setelah itu, tutup lubang tikus dengan rapat agar pembasmiannya maksimal. Untuk mengatasi wereng, cukup bakar tumpukkan rumput dan ranting kering.

Bawang putih
Bau bawang putih yang menyengat dapat membuat serangga menjauh. Jika cairan bawang putih tertelan, wereng akan kehilangan nafsu makan dan gagal ganti kulit.
Metode ini membutuhkan waktu yang lama dan pengapliksiannya harus berulang-ulang karena mudah hilang oleh air hujan dan panas matahari.

Barangbang Untuk mengusir tikus, guanakan barangbang atau pangkal pelepah daun kelapa yang sudah kering. Barangbang akan terlihat seperti kepala burung hantu yang merupakan predator alami tikus... (BPP Sukasada)