(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

BUDIDAYA UBI DENGAN STEK

Admin distan | 09 Desember 2019 | 9024 kali

 

Ubi merupakan salah satu jenis tanaman pangan unggul di Indonesia. Banyak macam ubi yang dapat ditemui, bahkan setiap daerah hampir memiliki varietas yang berbeda. Jenis ubi yang paling populer secara umum yaitu ubi jalar dan ubi kayu. Masing-masing kaya akan manfaat terutama untuk pembuatan bahan baku dan menjadi produk yang banyak disukai oleh konsumen.

Penanaman ubi jalar
Penanaman ubi jalar bertujuan agar mendapatkan produk dengan ukuran yang sesuai dengan pasar, yaitu sekitar 200-300 gram/umbi. Berikut kegiatan yang dapat dilakukan dalam penanaman ubi jalar.

A. Pemilihan bibit
Selain stek batang, bibit ubi jalar dapat diperoleh dari stek pucuk sepanjang 20-25 cm. Stek diambil dari tanaman indukan yang sudah berumur lebih dari 2 bulan.

B. Penyiapan lahan
Sebelum penanaman ubi jalar tahap yang harus dilakukan ialah penyiapan lahan dengan pembuatan guludan. Lahan didiamkan selama 2 minggu baru siap ditanam.

C. Cara tanam.
Stek ditanam agak miring diatas guludan jarak antar stek 20-25 cm

D. Pemupukan
Dalam budidaya ubi pemupukan merupakan tahap yang urgent. Akan lebih baik jika pupuk yang digunakan bagi tanaman ubi jalar yaitu dengan pupuk organik. Akan tetapi jika dari pupuk buatan sebaiknya dosis menyesuaikan dan pemberiannya harus tepat. Dosis pemupukan ubi jalar berkisar 100 kg urea/ha, 100 kg SP-36/ha dan 100 kg KCl/ha.

E. Pemeliharaan
Pemangkasan sebagian daun perlu dilakukan tiap satu bulan sekali setelah tanaman ubi jalar sudah berumur 2 bulan.

F. Panen
Pemanenan ubi jalar dilakukan setelah berumur 4 bulan di dataran rendah dan di dataran tinggi sekitar umur 5-6 bulan.

 

 

Oleh :

KomangRiskaWardani_BPP Sukasada...>>>