(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

BUDIDAYA BUNGA LILY

Admin distan | 18 Desember 2019 | 17439 kali

Bunga lily atau dalam bahasa Indonesia sering ditulis dengan abjad bunga lili merupakan salah satu tanaman hias populer di Indonesia. Hal itu bisa dilihat ketika di Jogja terdapat hamparan bunga lily yang indah banyak yang berbondong-bondong datang ke sana untuk menyaksikan keindahan bunga tersebut.Bunga lily juga dikenal dengan istilah bunga bakung, dimana bunga ini menjadi ikon khas dari berbagai negara.

Setidaknya ada sekitar 100 lebih jenis bunga lily yang tersebar di seluruh penjuru dunia dengan bentuk dan warna yang beragam.Karena sifat tanaman ini yang mudah untuk dibudidayakan banyak petani bunga yang tertarik untuk menanam bunga ini. Selain itu keuntungan dari budidaya bunga lily tidak kalah dengan budidaya jenis bunga lainnya. Bagi Anda yang ingin menanam bunga lily bisa menyimak tips dan ulasannya di sini.Sebelum memulai budidaya bunga ini sebaiknya Anda mempelajari karakteristik bunga lily yang akan ditanam. Salah satu syarat agar tanaman ini bisa tumbuh dengan baik Anda harus mengetahui syarat tumbuh, proses pembibitan, penanaman sampai proses perawatan. Berikut adalah langkah-langkah untuk budidaya bunga lily agar hasil maksimal. Bibit bunga lily bisa didapatkan dari bagian umbi yang sudah matang. Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas, Anda harus mengambil umbi tanaman yang sudah berumur dari indukan yang berkualitas. Sebelum ditanam sebaiknya umbi direndam di dalam air selama 24 jam.Perendaman ini dimaksudkan agar tunas di dalam umbi cepat tumbuh. Agar proses pertumbuhan berjalan dengan baik sebaiknya umbi disemaikan terlebih dahulu. Setelah bibit keluar tunas dan tumbuh dengan baik baru dipindahkan ke media tanam berupa polybag atau pot.Setelah bibit yang disemai sudah mulai tumbuh tunas, maka bibit tersebut sudah bisa ditanam. Untuk lahan tanamnya bisa langsung di tanah atau bisa menggunakan pot dan polybag. Untuk media tanam yang digunakan bisa menggunakan campuran dari tanah, pupuk kandang atau pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan campuran 1:1:1.Pemindahan bibit dari tempat penyemaian ke media tanam harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak umbi tanaman.

Sebaiknya proses pemindahan dilakukan pada waktu pagi atau sore hari dimana sinar matahari tidak terlalu terik. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari agar tanaman tidak layu. Penyiraman agar tanah terjaga kelembabannya, ingat jangan terlalu bayak air karena akan menyebabkan umbi tanaman busuk.Sama seperti tanaman lainnya agar tanaman bisa tumbuh dengan baik perlu dilakukan perawatan dengan secara teratur. Untuk bunga lily yang bisa beradaptasi secara cepat dengan lingkungan baru tidak memerlukan perawatan yang istimewa. Perawatan yang dilakukan seperti mencabut atau menghilangkan tanaman gulma di sekitar bunga lily. Selain itu perlu juga menjaga unsur hara di dalam tanah dengan memberikan pupuk kandang secara berkala. Selain itu juga perlu dilakukan penyiraman pada secara berkala untuk menjaga kelembaban tanah. Dengan melakukan hal-hal tersebut akan memberikan dampak positif bagi perkembangan budidaya tanaman bunga lily.

(Rima/BPPSukasada)