(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Aplikasi SIAP (Sistem Informasi Asuransi Pertanian) sudah diluncurkan oleh Jasindo bersama Kementrian Pertanian

Admin distan | 25 Maret 2019 | 4787 kali

Perusahaan asuransi Jasindo bersama Kementerian Pertanian meluncurkan aplikasi pendaftaran asuransi pertanian Sistem Indivasi Asuransi Pertanian (SIAP). Program digitalisasi menggunakan aplikasi IT.

Koordinator Tim IT Pusat Jasindo, Irwan, mengatakan aplikasi ini didesain dengan sesederhana mungkin. Tujuannya agar di lapangan dapat digunakan dengan gampang dan tidak ada lagi kendala dalam memproses pembayaran premi dari petani.

Irwan juga berharap aplikasi ini mampu diterima dengan cepat oleh petugas dinas di lapangan. Karena aplikasi ini dibuat sesederhana mungkin.

Direktur Jenderal PSP Kementan, Dadih Permana, mengatakan penggunaan aplikasi IT untuk pendaftaran peserta asuransi sangatlah penting. Hal ini terutama amat berlaku untuk meningkatkan ketertiban administrasi serta transparansi dalam kepesertaan petani.

Adanya aplikasi SIAP ini tentunya dapat menyempurnakan penyajian data, memudahkan pendaftaran petani, bahkan mengatasi masalah kurangnya tenaga dari Jasindo yang sempat menjadi keluhan di berbagai daerah.


Selain itu, adanya aplikasi ini pencatatan dokumen tidak perlu menggunakan kertas atau paperless sehingga blanko dokumen tidak akan tercecer.

Hadirnya sistem aplikasi pendaftaran peserta asuransi menggunakan IT ini diharapkan dapat lekas diterapkan dengan baik oleh seluruh pemangku kepentingan seperti para petugas dinas kab/kota serta penyuluh.

Mengingat zaman ini sudah semakin canggih, sehingga proses pendaftaran dapat berjalan dengan cepat. Realisasi keikutsertaan petani semakin bertambah banyak di tahun mendatang.

 

 

Putu Budi Umaraysa, Staff Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian

Download disini