(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Alsin Pembuat Pupuk Organik : APPO MPC-850

Admin distan | 04 April 2019 | 926 kali

Inventor : Handaka, Lilik Tri Mulyantara

Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Mekanisasi Pertanian

Status Perlindungan HKI : -

 

     APPO merupakan alsin yang berfungsi untuk mencacah dan melembutkan bahan baku hijauan pakan ternak untuk dijadikan pupuk organik. Selain itu juga dapat digunakan sebagai penghancur dan pencampur kotoran ternak. Alsin ini menggunakan motor penggerak 8,5 HP, mempunyai kapasitas kerja 850 – 1000 kg/jam dan berbobot 180 kg. Alsin ini memiliki pisau tajam dan mudah diganti, dan anti belit saat mencacah jerami.

     Alsin ini adalah memiliki mobilitas tinggi (menggunakan roda transportasi), dengan hasil cacahan lembut (1 – 3 cm panjang),. Alsin ini berpotensial dalam mengurangi emisi gas rumah kaca mencapai 24,5% dari pupuk kimia N, P, K.

     Alat mesin APPO ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ketersediaan pupuk organik serta meningkatkan pendapatan para petani dan peternak. Untuk 1 unit APPO kap. 800 kg/jam, adalah ekonomis untuk dikelola pada petani-peternak dengan luasan  30 ha dan 20 ekor sapi.

 

 

Sumber: http://bpatp.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/teknologi-pertanian/55-teknologi-inovatif-badan-litbang-pertanian/580-alsin-pembuat-pupuk-organik-appo-mpc-850