(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Akuaponik sebagai solusi budidaya di perkotaan

Admin distan | 19 Desember 2019 | 2020 kali

Akuaponik adalah sebuah konsep budidaya yang menggabungkan akuakultur atau budidaya perikanan dengan hidroponik atau budidaya pertanian terpadu yang bisa diterapkan pada lahan terbatas.

Konsep ini sangatlah tepat jika di aplikasikan pada masyarakat ekonomi bawah didaerah perkotaan yang hanya tinggal dilahan sempit seperti rumah-rumah bedeng (kontrakan berderet) maupun di desa dimana masyarakat hanya memiliki lahan sempit dan terkendala biaya jika harus melakukan usaha budidaya konvesional yang memerlukan lahan luas.

Sistem budidaya tanaman sayuran dan ikan secara akuaponik memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan budidaya secara konvensional. Melalui teknologi ini, masyarakat perkotaan dan pedesan yang terkendala lahan dapat berbudidaya tanaman sayuran dan ikan secara bersamaan pada luasan lahan yang sama dan bisa disesuaikan dengan kondisi lahan yang ada.

Khusus di area perkotaan konsep ini dapat menjadi solusi atas beberapa permasalahan yang umum muncul di perkotaan, seperti ketersediaan bahan pangan yang sehat, murah dan berkelanjutan, mengurangi polusi, menambah nilai estetika kota, mengurangi tingkat stres dan perbaikan hubungan sosial, hingga memberikan pemasukan tambahan.

Sebenarnya sistem bertanam dengan aquaponik sudah lama dikenal oleh peradaban manusia, dimana suku Aztec di Amerika telah mempraktekkannya sejak lama. Aquaponik kembali muncul setelah lama ditinggalkan manusia.

Akuaponik ini bukan hanya soal cara menanam tetapi juga pada gerakan ramah lingkungan. Akuaponik ini cukup populer di perkotaan yang kemudian menjadi urban farming. Akuaponik adalah suatu perpaduan sistem budidaya antara sub sistem hidroponik dengan sub sistem akuakultur sehingga menjadi suatu sistem produksi pangan terpadu (tanaman dan ikan).

Dewasa ini, Akuaponik menjadi sebuah model produksi pangan berkelanjutan yang menekankan pada konsep aliran nutrien yang memadukan prinsip-prinsip ekologis sehingga teknologi ini lebih alami dan sangat ramah lingkungan, menghasilkan produk organik karena bebas dari kontaminasi bahan kimia (misalnya; disinfektan, pestisida, antibiotik, dll).

Selain itu, akuaponik merupakan sistem akuakultur yang dikembangkan untuk lahan terbatas sehingga sangat penting untuk pengembangan akuakultur di daerah perkotaan (urban aquaculture)...

(Edi.W/BidangPenyuluhan)