(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Rekomendasi Produsen Pupuk Organik di Kabupaten Buleleng

Admin distan | 15 September 2022 | 1166 kali


Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari tumbuhan mati, kotoran hewan dan/atau bagian hewan, dan/atau limbah organik lainnya yang telah melalui proses rekayasa, berbentuk padat atau cair dapat diperkaya dengan bahan mineral dan/atau mikroba yang bermanfaat untuk meningkatkan kandungan hara dan bahan organik tanah, serta memperbaiki sifat fisik, kimia, dan/atau biologi tanah. Pupuk organik mempunyai beragam jenis dan varian. Jenis-jenis pupuk organik dibedakan dari bahan baku, metode pembuatan dan wujudnya. Dari sisi bahan baku ada yang terbuat dari kotoran hewan, hijauan atau campuran keduanya. Dari metode pembuatan ada banyak ragam seperti kompos aerob, bokashi, dan lain sebagainya. Sedangkan dari sisi wujud ada yang berwujud serbuk, cair maupun granul atau tablet.


Pupuk kompos adalah jenis pupuk organik yang berasal dari penguraian bahan organik seperti dedaunan, jerami, alang-alang, rumput, dedak padi, batang jagung, sulur, kotoran hewan, dan bahan organik lainnya yang dibusukkan melalui organisme pengurai, dimana organisme pengurai dapat berupa mikroorganisme ataupun makroorganisme. Pengomposan sebenarnya bisa terjadi secara alami, namun dengan campur tangan manusia, misalnya dengan penambahan mikroorganisme pengurai, pengomposan dapat terjadi lebih cepat.


Kandungan unsur hara di dalam kompos cukup lengkap, meliputi unsur hara makro  (N, P, K, Ca, Mg, S), dan unsur hara mikro (Fe, Cu, Mn, Mo, Zn, Cl, B) yang sangat diperlukan tanaman. Namun kandungan unsur hara tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan kandungan unsur hara tertentu yang terdapat pada pupuk kimia buatan. Oleh  karena itu aplikasi kompos biasanya diperlukan dalam jumlah yang banyak. Selain kandungan unsur hara, keunggulan lain kompos adalah kandungan senyawa organik, seperti asam humat, dan asam sulfat yang bermanfaat untuk memacu pertumbuhan tanaman.


Dalam rangka penyediaan informasi mengenai keberadaan produsen pupuk organik di Kabupaten Buleleng, telah dilakukan kegiatan pendataan produsen pupuk organik pilihan yang memiliki kualitas produk cukup baik. Hasil pendataan tersebut disusun dalam bentuk buku untuk mempermudah masyarakat calon pembeli dalam mengakses pupuk organik. Dengan penerbitan buku ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat calon pembeli untuk mengakses informasi yang dibutuhkan sebelum memutuskan untuk membeli produk berupa pupuk organik, sekaligus juga membantu produsen pupuk organik untuk memperluas pasar sehingga diharapkan dapat berkembang menjadi usaha yang lebih maju.

Kemudahan akses yang diperoleh masyarakat terhadap pupuk organik yang berkualitas diharapkan mampu dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian, baik melalui metode budidaya konvensional, urban farming, dan metode-metode pertanian lainnya. Peningkatan penggunaan pupuk organik diharapkan mampu mencegah penggunaan pupuk kimia yang berlebihan yang memiliki banyak dampak negatif terhadap lingkungan. Pendataan produsen pupuk organik ini diharapkan dapat membantu menyukseskan upaya pengembangan ekonomi kerakyatan yang berbasis pada produk unggulan daerah di Kabupaten Buleleng. Buku rekomendasi produsen pupuk organik di Kabupaten Buleleng dapat diunduh pada link berikut ini: https://bit.ly/3qHgBeG