Oleh: I Made Carma,SP.(PP Madya)
Dalam setiap pelaksanaan suatu program, kiranya kegiatan penilaian atau evaluasi adalah merupakan rangkaian kegiatan yang tak terpisahkan dan merupakan konsekwensi dari program itu sendiri. Kegiatan ini merupakan unsur dari kesatuan kegiatan pengelolaan, seperti halnya dengan penyuluhan pertanian, evaluasi diperlukan untuk mengetahui sejauh mana tujuan kegiatan telah dapat dicapai dan kelemahan/kekurangan yang perlu diperbaiki serta nilai-nilai positip yang perlu dikembangkan pada kegiatan berikutnya. Soedijanto (1996), menyatakan: Evaluasi adalah sebuah proses yang terdiri dari urutan rangkaian kegiatan mengukur dan menilai. Evaluasi merupakan proses mengumpulkan data yang sistematis untuk mengetahui epektifitas suatu program. Penyuluhan pertanian bukanlah merupakan kegiatan yang berdiri sendiri, tetapi merupakan salah satu rantai dari kegiatan pembanguan pertanian. Demikian pula Penyuluhan pertanian bukan merupakan penyampaian Pesan semata akan tetapi merupakan kegiatan atau proses mendidik yang kompleks sehingga tidak mudah untuk mengetahui secara tepat hasil hasil kegiatan yang dicapai. Untuk itu Evaluasi Hasil Penyuluhan Pertanian sangat perlu dilaksanakan . Tidaklah mungkin dapat menyusun program penyuluhan pertanian berikutnya tanpa ada hasil evaluasi. Tentunya akan ada pertanyaan: kapan evaluasi itu bisa dilaksanakan ? Waktu pelaksanaan evaluasi penyuluhan pertanian bisa dilaksanakan pada 5 kondisi yaitu:
Evaluasi penyuluhan pertanian dapat dilaksanakan pada saat sebelum kegiatan dimulai, hal ini bisa berupa Pre Tes(Tes awal). Contoh: pada kegiatan Sekolah Lapang (SL),sebelum menyusun materi atau sebelum pelaksanaan kegiatan Sekolah Lapang sangat penting dilaksanakan Pre Tes yang bertujuan untuk:
Evaluasi Penyuluhan Pertanian bisa dilaksanakan pada saat kegiatan sedang berjalan hal ini bertujuan Untuk mengetahui kemampuan sasaran dalam menyerap informasi yang disampaikan,guna memastikan kesiapannya menerima materi selanjutnya.
Secara umum Evaluasi setelah kegiatan sudah lumrah dilakukan, evaluasi dimaksud bertujuan untuk:
Evaluasi dimaksud bisa berupa evaluasi proses kegiatan serta evaluasi hasil kegiatan, dengan demikian Jenis Evaluasi dapat dibagi 2(dua) yaitu: 1)Evaluasi proses dan 2) Evaluasi hasil.
Evaluasi bisa dilaksanakan pada setelah informasi,inovasi diterapkan di masing-masing lahan usaha taninya baik secara perseorangan maupun secara kelompok. Pada kondisi ini evaluasi dimaksud bertujuan untuk:
Setelah suatu informasi /inovasi dilaksanakan oleh para petani baik secara perseorangan atau berkelompok diterapkan pada lahan usaha taninya sangat penting dilaksanakan evaluasi. Hasil dari evaluasi tersebut dapat untuk mengetahui seberapa besar hasil penerapan kegiatan penyuluhan berpengaruh dalam kehidupan sasaran. Tujuan penyuluhan pertanian adalah perubahan prilaku petani yang meliputi : a)Kognitif: kemampuan mengembangkan intelegensia pengetahuan,pengertian,analisis,penerapan,b).Afektif=sikap,minat,nilai,menanggapi, dan menghayati, c).Psikomotor=gerak motor/ketrampilan, kekuatan, kecepatan, kecermatan, ketepatan, ketahanan dan keharmonisan. Jadi evaluasi penyuluhan pertanian adalah mengevaluasi sampai seberapa jauh tingkat pencapaian tujuan, berupa perubahan prilaku petani dan keluarganya. Agar hasil evaluasi dapat dipercaya maka perlu menerapkan prinsip-prinsip sebagai landasan dalam pelaksanaan evaluasi penyuluhan pertanian yaitu: berdasarkan pakta, berhubungan dengan tujuan program penyuluhan, menggunakan alat ukur yang sahih dilakukan terhadap proses dan hasil serta bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Dibawah ini out line laporan evaluasi untuk dapat digunakan sebagai pedoman.
OUT LINE EVALUASI
JUDUL EVALUASI
KATA PENGANTAR
PENGESAHAN LAPORAN (Oleh Pimpinan Unit)
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
BAB II. LANDASAN TEORI (ada hubungannya dengan tinjauan pustaka)
BAB III. INDIKATOR DAN PENGGUNAANNYA (indikator perubahan kognitif,afektif,dan psikomotor)
BAB IV. RANCANGAN EVALUASI (mencakup populasi,sampel,tehnik pengambilan sampel,tehnik pengumpulan data dan Instrumen Evaluasi (lampiran)
BAB V. GAMBARAN UMUM TENTANG PELAKSANAAN EVALUASI
BAB VI.HASIL EVALUASI DAN PEMBAHASAN (tampilan dalam bentuk gambar, grafik,tabel dll)
BAB VII.KESIMPULAN DAN SARAN SERTA RTL
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN