(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

MENANAM KANGKUNG DARAT DENGAN MEMANFAATKAN PUPUK KANDANG

Admin distan | 16 Maret 2021 | 15998 kali

Oleh : Shinta Istihsan (PPL Wilbin Kel.Banyuasri)

 

Kangkung bukanlah sayuran yang asing di lingkungan kita, dan saya salah satu penyuka berbagai kuliner yang berasal dari tanaman ini

Kangkung termasuk sayur yang sangat populer. Biasa dibuat tumis, cah, atau lalap. Masakan kangkung yang populer adalah ca kangkung bumbu tauco atau terasi, juga di warungan terdapat pelecing kangkung lombok.
Kangkung juga berkhasiat sebagai antiracun dan bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan. Kangkung berfungsi sebagai penenang (sedatif) dan mampu membawa zat berkhasiat ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, tanaman ini mempunyai kemampuan menetralkan racun di tubuh.

Di kebun belakang BPP Buleleng, memanfaatkan lahan untuk ditanami kangkung darat. Karena kangkung darat ini merupakan salah satu jenis sayuran yang proses penanamannya lebih mudah daripada sayuran lainnya.

Budidaya kangkung darat dapat dilakukan baik didataran rendah maupun dataran tinggi. Untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, budidaya kangkung darat harus mendapatkan curah hujan dan sinar matahari yang cukup. Kangkung darat bisa diperbanyak dengan biji dan stek.

Cara menanam kangkung cukup mudah yaitu :
Membuat lubang tanam di bedengan dengan kedalaman 5 cm dan jarak antar lubang 15-20 cm
Masukkan 3 hingga 5 biji di setiap lubang.
Tutup dengan tanah tipis yang sudah dicampur dengan pupuk NPK dan kandang.
Lakukan penanaman dengan teknik zig-zag.

Untuk pemupukan, pupuk kandang lebih praktis karena tidak perlu menyiapkannya secara intensif, cukup mendiamkannya hingga kering sebelum digunakan. Apabila menggunakan pupuk kandang, lebih baik pilih kotoran ayam dibanding kotoran kambing atau sapi. Karena kotoran ayam lebih cepat terurai, sehingga cocok dengan tanaman kangkung yang bersiklus panen cepat.

Kangkung darat dapat dipanen saat umur 30-45 hari sejak masa tanam benih. Cara memanennya adalah dengan mencabut kangkung bersamaan dengan akarnya. Setelah itu akar kangkung dapat dicuci hingga bersih sebelum dipasarkan. Umumnya, harga kangkung di pasaran relatif murah jika dibanding dengan jenis sayuran lain.

Untuk budidaya kangkung ini baiknya di lakukan saat musim penghujan (November-Desember). Karena sangat membutuhkan air, terutama jika ditanam saat musim kemarau.