(0362) 25090 distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian
Manfaat Murbei / nama lokal Bebesaran / nama latin ( Morus Alba)
Admin distan | 27 Mei 2021 | Dibaca 77 kali

Oleh : Harisca Rusmaedy,S.P

Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Busungbiu

 

Kali ini penulis akan menjelaskan sedikit manfaat tentang Pohon/buah lokal Bebesaran / buah besar,  selain manfaat penulis juga akan menjelaskan cara cross silang / sambung antara Murbei yang memiliki buah cukup besar dengan bebesaran lokal Bali silahkan di simak manfaat dan cara sambung dibawah ini :

 

1. Berlokasi di Br Dinas Beteng Desa Pucaksari , Kec. Busungbiu , Kabupaten Buleleng  dengan pemillik koleksi buah lokal penulis  sendiri.

 

2.  Manfaat buah Murbei  berikut daunnya adalah :  Morus alba dulu hanya terkenal sebagai penghasil daun pakan ulat sutera. Tidak banyak yang paham khasiat di baliknya. Ternyata orang zaman dahulu  memanfaatkan buah murbei secara turun temurun untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan kolesterol darah. Daun murbei pun berkhasiat membersihkan darah.

Buah mulberry mengandung bahan antiradikal bebas dari jenis kuersetin, selain mengandung serat, karbohidrat, dan sedikit fruktosa.

 

3.  Cara menyilangkan antara murbei dengan Bebesaran / buah besar lokal, cukup sederhana dan bahan disekitar kita'pun cukup melimpah , jika pembaca pernah mengcross silang atau menyambungkan jenis2 buah2han lain pada prinsipnya menyambungkan clon atau stek murbei dengan bebesaran lokal cukup mudah dan cendrung gampang, baik dengan cara stek sambung belah tengah seperti kopi, sambung susu ataukah sambung mata tunas karena kulit kambium bebesaran dengan murbei cepat menyatu (tentunya dengan alat2l-alat yang steril. Selain dari segi manfaat dan cara menyambungkannya yang mudah  tentunya sebagai penghias rumah dengan konsep "TABULAPOT" sangat indah dipandang 

 

Masih bergelut di Buah-buah lokal tropis 700 Dpl , penulis berharap kedepan generasi milenial sekarang harus tetap mengetahui keberadaan buah_buah lokal tersebut dan melestarikannya.

 

 

Share Berita Ini :