(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

SEDERHANA UNTUK DILAKUKAN MARI BERBUDAYA SECARA RAMAH LINGKUNGAN

Admin distan | 06 Juli 2023 | 1272 kali

Dayu Made Dwiwati/PP Madya Bidang Hortikultura DISTAN Buleleng

 

Minimnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan menjadi pemicu utama adanya pemanasan global serta kerusakan lingkungan menjadi salah satu masalah krusial yang harus mendapat perhatian

Dampak kerusakan lingkungan akan berantai jika tidak ada upaya untuk mengantisipasinya. Salah satu cara mengantisipasi kerusakan ekosistem yang perlu dilakukan yaitu menerapkan perilaku dan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Teknologi ramah lingkungan merupakan sebuah konsep atau metode untuk mencapai tujuan tertentu dimana dalam pelaksanaannya mengacu pada wawasan lingkungan atau memperhatikan kaidah-kaidah lingkungan di sekitarnya. Dari pengertian tersebut telah mengilhami lahirnya bermacam-macam teknologi terapan yang aman sekaligus bersahabat dengan makhluk hidup di Bumi ataupun dengan lingkungan alam di sekitarnya.

Prinsip dalam Konsep Teknologi Ramah Lingkungan

Secara sederhana teknologi ramah lingkungan adalah teknologi yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia tanpa perlu merusak atau memberikan dampak negatif pada lingkungan di sekitarnya. Teknologi seperti ini diharapkan mampu menjaga lingkungan, misalnya dalam alat-alat teknologi ramah lingkungan tersebut tidak menggunakan polutan, serta pada akhirnya dapat memberikan penanganan yang tepat terhadap limbah-limbah yang mungkin dihasilkan dari alat-alat teknologi ramah lingkungan tersebut.

Perilaku ramah lingkungan yang paling mudah dilakukan, contohnya yaitu :

1.       penggunaan plastik, perilaku atau gaya hidup ramah lingkungan bisa dimulai dari unit masyarakat terkecil yaitu keluarga. Beberapa cara mudah untuk menerapkan perilaku ramah lingkungan dalam keluarga adalah dengan menghemat penggunaan listrik dan air bersih

2.       mengurangi penggunaan barang-barang elektronik, seperti AC. Sebab, semakin bumi memanas, menggunakan dan memproduksi peralatan pendingin udara semakin memperburuk perubahan iklim

3.       menanam kembali sayuran yang sudah digunakan. Banyak sekali ujung sayur yang masih bisa kita gunakan dengan merendamnya di gelas berisi air, dengan menanam kembali, selain membantu mengelola sampah, juga bisa menghemat bahan baku.

4.       membeli barang hemat energi. Beberapa peralatan rumah sekarang hadir dalam berbagai model hemat energi, seperti lampu LED,  dirancang untuk memberikan cahaya yang tampak lebih alami dengan menggunakan energi yang jauh lebih sedikit daripada bola lampu standar.

5.       mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi juga menjadi salah satu upaya gaya hidup ramah lingkungan. Mengurangi berkendara dengan kendaraan pribadi berarti lebih sedikit emisi. Selain menghemat biaya, berjalan kaki atau bersepeda menjadi salah satu bentuk olahraga yang menyehatkan

Ada 6 prinsip yang diterapkan pada konsep teknologi ramah lingkungan, yaitu:

1.       Refine, menggunakan bahan yang ramah lingkungan serta melalui proses yang lebih aman dari teknologi sebelumnya.

2.       Reduce, mengurangi jumlah limbah dengan cara mengoptimalkan penggunaan bahan.

3.       Reuse, memakai kembali bahan-bahan yang tidak terpakai atau sudah berupa limbah dan diproses dengan cara yang berbeda.

4.       Recycle, hampir sama dengan reuse, hanya saja recycle menggunakan kembali bahan-bahan atau limbah dan diproses dengan cara yang sama.

5.       Recovery, pemanfaatan material tertentu dari limbah untuk diproses demi keperluan yang lain.

6.       Retrieve Energy, penghematan energi dalam suatu proses produksi.

Manfaat dari Konsep Teknologi Ramah Lingkungan

Teknologi yang ramah terhadap lingkungan tentunya memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan sehari-hari, antara lain:

1.       efektif dan efisien dalam hal pemanfaatan sumber daya alam sehingga lingkungan pun dapat tetap terjaga dengan baik.

2.       mengurangi jumlah limbah agar tidak berlebihan sehingga bisa mencegah pencemaran lingkungan.

3.       mengurangi risiko penurunan kondisi kesehatan makhluk hidup khususnya manusia.

4.       menekan biaya produksi (hemat) dengan memanfaatkan sumber daya alam sebagai bagian dari teknologi yang mampu menghemat biaya. Contohnya adalah pemanfaatan listrik tenaga surya yang hanya mengandalkan energi matahari tanpa dipungut biaya.

Mari memulai hal yang sederhana dari diri kita dan keluarga untuk “ BERBUDAYA RAMAH LINGKUNGAN “ untuk menyelamatkan alam dan melestarikan Bumi Pertiwi.