(0362) 25090
distan@bulelengkab.go.id
Dinas Pertanian

Pengendalian Scabies sekaligus pemberian Vitamin B kompleks untuk Ternak kambing di lingkungan kelompok ternak kambing Widya karya Desa Umajero, Kecamatan Busungbiu

Admin distan | 19 November 2018 | 2202 kali

Pemberian vitamin sekaligus pengendalian Scabies ini bertujuan agar hewan ternak selalu dalam keadaan sehat , tidak mudah terkena sakit ataupun nanntinya akan menghasilkan produksi anakan yang sehat pula.

Team profesional Drh I Gusti Lanang Suyasa dari BPP Kecamatan busungbiu menghimbau agar kedepannya seluruh kecamatan busungbiu yang memiliki ternak kambing harus sudah mendapat pengendalian Scabies dan vitamin-vitamin yang bersifat menguatkan daya tahan ternak tersebut.

Sebulan setelah pemeberian vitamin ini, nanntinya akan dilakukan ricek/pengecekan kembali untuk memastikan ternak dalam keadaan sehat terkendali.

Dari segi pakan dan kebersihan kandang, seyogyanya kandang kambing selalu dibersihkan setiap 3 kali sehari, bertujuan agar drainase saluran air dan pembuangan kotoran tetap pada waktunya, hingga ternak bisa bebas dari virus/penyakit yang menular.

Pemberian pakan tetap disarankan mencari rerumputan / pakan hijau tidak terlalu pagi , sekitar jam 10 pagi sampai jam seterusnya. usahakan supaya embun dipagi hari hilang terlebih dahulu, bertujuan agar kadar garam yang terbawa dalam bentuk air (embun) bisa terkendali/ bahakan hilang. Hingga kadar keasaman yang bersifat racun tidak ada lagi di rerumputan.

Harisca Rusmaedy,S.P
BPP Busungbiu.